Dari Universitas Indonesia, ISO-9001 akan diterapkan di UTS

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terus melangkah menuju profesionalisme manajeman pendidikan. Bertemu langsung dengan pucuk pimpinan Univeristas Indonesia (UI) di Jakarta, Rektor UTS Dr. Andy Tirta kembali menjalin kerjasama dengan salah satu universitas peraih ISO-9001. Jumat (31/03)

Kerjasama yang juga berfokus pada kolaborasi dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) itu, selain agenda meningkatkan kualitas mahasiswa UTS juga untuk mengetahui dasar-dasar Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System), sekaligus menjaga dan meningkatkan kualitas UTS sebagai universitas teknologi pertama di Indonesia Timur. Sehingga nantinya, mampu menjadi tolok ukur kiprah UTS di ranah pendidikan tinggi Indonesia.

Sebagai universitas yang mendapatkan ISO-9001, UI jelas membuktikan jaminan kualitas dalam pelayanan dan pelaksanaan akademiknya. UTS dalam hal ini bekerjasama dengan UI agar bisa mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu pendidikan yang sama nantinya.  “Diharapkan tahun 2017 ini, UTS akan mendapatkan sertifikat yang sama dengan UI. Dengan harapan, kita dapat memberikan pelayanan tidak hanya untuk civitas akademika UTS tetapi juga untuk masyarakat.” terang Dr. Andy Tirta, Rektor muda UTS tersebut. Boy -sapaan akrab Rektor UTS- menargetkan, setelah ke-7 fakultas UTS selesai melaksanakan re-akreditasi, diharapkan dapat segera meraih ISO-9001. Untuk itu proses re-akreditasi terus berlangsung di UTS.

Geliat ini dapat dinilai sebagai proses mejadikan UTS penyandang ISO-9001 ke depannya. Untuk itu, UTS terus memperbaiki sistem pendidikannya, sehingga nanti UTS dapat disandingkan dengan universitas-universitas besar di Indonesia yang menetapkan standar dan membakukan proses kerja yang berguna untuk pengembangan UTS.

ISO-9001 sendiri dikeluarkan oleh Internasional Organization for Standardization (ISO) berkedudukan di Genewa, Swiss dan merupakan standar internasional di bidang Sistem Manajemen Mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak independen) ISO, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu yang dihasilkan.

Karena itu, Dr. Andy Tirta terus menerapkan sistem manajemen yang mengacu pada apa yang UTS lakukan untuk mengelola proses atau aktivitas, nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan UTS memenuhi persyaratan kualitas, peraturan maupun situasi lingkungan sesuai dengan yang ditetapkan.

Pascasarjana UTS Gelar Seminar Manajemen Inovasi Ke-5

Sumbawa — Bertempat di Gedung Pengelola dan Inkubator Sumbawa Techno Park...

Read MoreJanuari 27, 2023

Mahasiswa FEB UTS Siap Menuju PORPROV NTB 2023

Mengukir Prestasi sebagai atlet basket, Amira mahasiswi Program Studi Manajemen...

Read MoreJanuari 27, 2023

Rudi Masniadi Ungkap Sederet Harapan OMTC Untuk Tahun 2023

Sumbawa – Kepala UPT OMTC, Rudi Masniadi optimis menatap tahun 2023....

Read MoreJanuari 27, 2023

Ilkom Public Speaking Competition 2023 : Gaya Baru Ujian Akhir

Sumbawa – Mata kuliah Public Speaking di Program Studi Ilmu Komunikasi...

Read MoreJanuari 27, 2023
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin