Peringkat Prestasi UTS Meningkat, Capaian Luar Biasa untuk Kampus Baru

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terus meraih pencapaian yang luar biasa. Setelah peringkat kampus meningkat, kini kesuksesan yang sama juga untuk peringkat prestasi kemahasiswaan. Hal ini berdasarkan pengumumuman yang disampaikan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan untuk seluruh Universitas di bawah lingkungan Kemendikbud melalui Akun Simkatmawa. Simkatmawa atau Sistem Informasi Manejemen Pemeringkatan Kemahasiswaan setiap tahun dilakukan untuk mengetahui prestasi Universitas di Indonesia dalam bidang Kemahasiswaan yang masih terintegrasi dengan pemeringkatan Universitas.

 

Pada tahun 2019 lalu, UTS menempati peringkat 290-291. Sedangkan pada tahun 2020, UTS menempati peringkat 204 naik sebanyak delapan puluh enam peringkat. Ini merupakan capaian yang sangat luar biasa yang diraih oleh UTS yang masih berusia 7 tahun dan terbilang sangat muda.

 

Pemeringkatan ini bersifat Nasional dan diikuti oleh seluruh Universitas di bawah lingkungan Kemendikbud. Adapun komponen penilaian dari pemringkatan kemahasiswaan ini yaitu Penilaian Administrasi Institusi, Kegiatan Non Lomba (Mahasiswa Berwirausaha, pertukaran mahasiswa, Pengabdian Masyarakat Mahasiswa, dan Pembinaan Mental Kemahasiswaan), Kegiatan Lomba Mandiri dan Lomba Belmawa.

 

Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph. D menyambut gembira kabar ini. “Saya menyampaikan selamat dan terima kasih atas prestasi ini. Terima kasih pada tim kemahasiswaan, mahasiswa, dan dosen/staf, yang telah membimbing para Elang Muda selama ini. Kami siap mendukung kegiatan-kegiatan positif mahasiswa. Penghargaan ini tentunya memberikan semangat dan energi positif kepada segenap civitas akademika UTS,” tutur Bang Irul.

 

Sementara Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UTS, Mietra Anggara MT menambahkan bahwa hasil yang dicapai ini tidak lepas dari peran aktif seluruh mahasiswa dalam mengikuti semua kegiatan, baik di tingkat nasional maupun internasional serta dukungan dari pimpinan perguruan tinggi. Selain itu dukungan dari para dosen dan tenaga kependidikan sangat berpengaruh besar dalam menunjang dan meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan. “Ini bukanlah sebuah tujuan akhir, melainkan sebuah impact dari prestasi semua civitas akademika. Universitas kedepan akan selalu berbenah meningkatkan pelayanan agar dapat mendorong mahasiswa selalu aktif dan berprestasi. Semoga para Elang Muda di UTS selalu memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif serta bermanfaat bagi sesama. Selain itu ucapan terima kasih kepada tim kemahasiswaan Simkatmawa UTS yang telah menyiapkan semua data-data mahasiswa dengan baik,” pungkasnya. (SR)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin