Sinergi Mahasiswa dan Dosen, UTS Lolos Pendanaan Program Talenta Inovasi Indonesia 2021

Program penguatan Talenta Inovasi Indonesia merupakan salah satu program yang sebelumnya dikelola oleh Kementrian Riset dan teknologi/Badan riset dan inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) melalui Direktorat Jendral Penguatan Inovasi sejak tahun 2020. Mulai tahun 2021, pengelolanya dilaksanakan oleh direktorat jendral pendidikan tinggi, riset dan teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dikenal dengan program talenta Inovasi Indonesia. Dalam rangka meningkatkan daya saing suatu bangsa, inovasi adalah hal yang sangat penting. Suatu inovasi dimulai dari skala kecil atau skala laboratorium, dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.
 
Adapun tujuan dari terselenggaranya kegiatan program Talenta Inovasi Indonesia ini adalah mendukung lahirnya ide kreatif dan inovatif cemerlang dari para mahasiswa yang dapat membantu menyelesaikan masalah bangsa dan atau mengharumkan nama bangsa Indonesia selain itu juga, dapat menunjang percepatan penyelesaian studi mahasiswa di lingkungan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Salah satu mahasiswa di Program studi Teknik Mesin Fakultas Rekayasa Sistem UTS berhasil lolos hibah pendanaan program Talenta Inovasi Indonesia. Adalah Wira Febrian atau sering di sapa Wira mengambil skema proposal riset dengan tema Desain/prototype produk inovasi yang siap diterapkan di masyarakat dengan judul ‘Inovasi Mesin Pengering Ikan Teri Otomatis Menggunakan Tenaga Solar Cell. Target dari Prototipe Mesin pengering ikan teri ini merupakan produk inovasi mesin pengering ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi yang selanjutnya dikonversi menjadi energi listrik oleh panel cell dalam meningkatkan produktivitas dan nilai jual dalam proses pengeringan ikan teri.
 
Lolosnya pendanaan proposal ini tidak lepas dari peran dosen pembimbing. Pembimbing proposal ini adalah Mietra Anggara, M.T. selaku dosen Teknik Mesin dalam hal ini banyak memberikan saran dan masukkan dalam penyempurnaan proposal tersebut. Selain itu juga Mietra akrab Ia disapa, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk selalu aktif dan berprestasi dalam memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif serta bermanfaat bagi sesama.

Fakultas Hukum UTS Teken MoU dengan BMKG Provinsi NTB

Sumbawa, 04 September 2024 – Fakultas Hukum Universitas Teknologi Sumbawa resmi...

Read MoreSeptember 9, 2024

Kacamata Akademisi: Pengelolaan Lingkungan yang Cerdas untuk Mengatasi Banjir di Empang, Sumbawa

Indonesia dikenal sebagai negara yang rentan terhadap bencana alam, dan...

Read MoreSeptember 9, 2024

Fakultas Psikologi dan Humaniora Gelar Coaching Clinic untuk Persiapan Seminar Internasional

Sumbawa- Fakultas Psikologi dan Humaniora mengadakan Coaching Clinic sebagai persiapan...

Read MoreSeptember 9, 2024

Tindak Lanjut Pelaksanaan Ospek, Wakil Dekan FRS Adakan Pertemuan dengan Ketua Organisasi Mahasiswa (ORMAWA)

Sumbawa Besar, – Wakil Dekan Fakultas Rekayasa Sistem, Nora Dery...

Read MoreSeptember 9, 2024