Tingkatkan Pemanfaatan Teknologi, UTS Resmikan Laboratorium Digital

Revolusi industri 4.0 telah merubah aspek-aspek dasar dalam kehidupan peradaban manusia, termasuk dalam dunia Pendidikan. Perkembangan dunia digital yang masif telah menjadi game changer dalam kehidupan manusia, baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik, maupun budaya. Ditengah masifnya perkembangan teknologi digital ini, perguruan tinggi dituntut untuk dapat menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap perkembangan teknologi tersebut. Lebih dari itu, mahasiswa juga perlu dibekali dengan kemampuan pengoperasian teknologi digital yang lebih advance agar dapat berkontribusi lebih optimal dalam kehidupan masyarakat pasca kelulusannya.

Pada sisi yang lain, perkembangan teknologi digital ini juga membawa tantangan yang baru dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks dan bergantung pada internet. Tantangan tersebut menuntut dosen dan Lembaga perguruan tinggi untuk memiliki kemampuan dalam mengoperasikan teknologi digital dan memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk keperluan pengajaran, riset, maupun pengabdian kepada masyarakat guna menjaga relevansi kegiatan tridharma perguruan tinggi dengan perkembangan zaman.

Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan sejumlah perangkat elektronik berupa komputer dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menjadi sarana belajar/pelatihan dalam mengoperasikan teknologi digital terkini untuk keperluan Pendidikan.

Jum’at (20/01/2023) bertempat di Lantai 1 Gedung orange Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa telah diadakan peresmian Laboratorium Digital. Acara ini digelar pada pukul 09:00 – selesai dan dihadiri oleh Rektor, Warek I, Warek II, Warek III, Warek IV, Seluruh Dekan Universitas Teknologi Sumbawa, serta dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Peresmian dibuka dengan pembacaan kalam ilahi dari salah satu mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UTS.

Acara inti dari peresmian tersebut dimulai dengan sambutan dekan FEB UTS Muhammad Nurjihadi, M.Si yang menyampaikan harapannya terhadap peresmian Laboratorium Digital.

“saya berharap agar laboratorium Digital ini dapat difungsikan sebagaimana mestinya dan asset yang terdapat di dalam nya dapat dijaga dan dipelihara secara bersama, karena berkaca dari sebelumnya banyak asset seperti dari Pajak dan BI Corner yang hilang dan rusak.” Ujar Nurjihadi.

Adanya laboratorium digital ini merupakan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) DIKTI yang diterima oleh Program Studi Manajemen FEB UTS pada tahun 2022 dengan total anggaran 875 Juta. Dan anggaran khusus untuk pengadaan Laboratorium Digital menggunakan total anggaran 199.500.000.

Rektor UTS Chairul Hudaya, PhD. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Laboratorium Digital dapat digunakan tidak hanya oleh mahasiswa FEB UTS, akan tetapi dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa Universitas Tenologi Sumbawa.

“Adanya Laboratorium Digital ini tidak hanya dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis saja, akan tetapi seluruh mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa dapat menggunakan Laboratorium Digital ini sesuai dengan fungsi nya. Ini tidak hanya berlaku untuk Laboratorium Digital saja tetapi untuk semua asset yang ada disini milik kita semua dan kita kegunakan sebagaimana mestinya.” Ujar Chairul.

Upaya pengembangan laboratorium berbasis teknologi digital ini tidak hanya dilakukan dengan membuat pengadaan komputer, namun juga dengan melaksanakan berbagai program pembinaan kepada dosen maupun mahasiswa dalam rangka untuk mendukung penguatan implementasi MBKM di lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa.

Adanya Laboratorium Digital ini bertujuan untuk meningkatkan mutu belajar bagi mahasiswa, dosen, dan tendik, terutama dalam mengoperasikan teknologi digital yang basic hingga advance seperti big data analysis, data sains, digital marketing, programming, dan sebagainya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024