HUMAS UTS GOES TO SCHOOL Branding Sekolah Pentingkah ?

Citra yang dihadirkan dan ciptakan oleh sebuah institusi maupun personal hari ini menjadi sesuatu yang penting. Mengingat bagaimana cepatnya laju teknologi, memaksa kita untuk terus berupaya mempertahankan eksistensi. Hal ini tidak terkecuali berlaku juga untuk sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Tak ketinggalan, bahwa salah satu solusi bertahan di era digital ini adalah kolaborasi. UTS sebagai kampus teknologi sejauh ini telah menjalankan berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk sekolah-sekolah yang ada di lingkup kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Kolaborasi tersebut tertuang dalam perjanjian kerjasama (MoU) meliputi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah sebagai mitra.

Merespon kerjasama yang telah dilaksanakan oleh SMA/SMK sederajat dengan UTS, pada 18/11/2021 Humas dan Protokoler UTS telah melaksanakan kegiatan sharing knowledge tentang dunia kehumasan yaitu Humas UTS Goes to School bertajuk ‘Branding Sekolah Pentingkah?” bertempat di Ruang Meeting Sumbawa Grand Hotel. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan pranata humas sekolah dari 24 sekolah yang telah menjadi mitra UTS. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman kepada para pranata humas sekolah yang hadir tentang bagaimana memaksimalkan fungsi humas untuk mensukseskan branding sekolah yang ingin dicapai kedepannya oleh sekolah masing-masing.

Turut hadir dan membuka acara secara resmi Nasrullah Darwis, M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa. Dalam sambutannya, Nasrullah akrab Ia disapa menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Humas UTS ini, sebab menurutnya bahasan tentang branding yang diangkat adalah topik penting, tidak hanya bagi sekolah bahkan institusi lain pun membutuhkannya. Ia mendukung langkah diskusi dan duduk bersama dengan sekolah-sekolah ini, sebab tentu akan memberi dampak positif, termasuk didalamnya bagi citra sekolah mendatang jika pengetahuan branding ini implementasikan. “Salut kepada UTS, Rektor dan tentunya tim Humas nya. Saya berharap tidak hanya sekolah-sekolah yang sudah menjadi mitra UTS, tetapi sekolah lainnya juga, termasuk instansi-instansi lain, seperti kantor kami dapat diberi kesempatan mengikuti kegiatan positif semacam ini. UTS telah menunjukkan keseriusannya dalam upaya membangun pendidikan di Sumbawa, semoga akan terus banyak upaya dan ide lainnya yang dapat dikolaborasikan bersama. Kami tentu sangat mendukung.” Tutur Nasrullah.

Sumber : Humas UTS

Rektor UTS dalam sambutannya juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah merespon dengan baik kegiatan ini, “selalu saya sampaikan bahwa, kerjasama yang telah kita tandatangani jauh-jauh hari tidak boleh menjadi dokumen tidur, bapak/ibu pihak sekolah bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal. Kegiatan hari ini adalah bentuk nyata dari ucapan kami, bahwa UTS siap menjadi mitra sekolah untuk dapat tumbuh bersama-sama memberi manfaat satu sama lain.” Pungkas Chairul Hudaya.

Mila Hidayatullah, A.Md., S.IP., M.M.Inov sebagai pemateri utama dalam kegiatan ini yang juga sekaligus Kepala Kantor Humas dan Protokoler UTS menyampaikan materi terkait betapa pentingnya branding. Mila akrab Ia disapa menyebutkan bahwa Branding adalah salah satu hal mutlak yang harus dipahami dan dijalankan saat ini. Tidak hanya oleh sekolah, tapi juga universitas, komunitas, instansi pemerintahan, swasta bahkan pribadi seseorang. Jika ingin bertahan inovasi salah satu point yang setiap individu harus lakukan, dimana branding adalah bagian dari upaya inovasi. Berinovasi atau mati, salah satu kalimat yang sering kita dengarkan. “kita tidak bisa lagi menganggap perubahan sebagai suatu hal yang masih jauh, kehidupan di era digital ini sangat dinamis. Jika kita tidak dapat menyesuaikan diri, menolak perubahan, maka tertinggal dan dilupakan adalah jawabannya.”

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin