Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan E-Commerce  Serta Pelatihan Perancangan  Business Continuity Plan Guna Bagi Pelaku UMKM di Desa Magakarya Kecamatan Moyo Hulu

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Telah menyelenggaran pengabdian masyarakat pada tangal 15-17 November 2021 di desa Magakarya Kecamatan Moyo Hulu dengan tema “pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan e-commerce  serta pelatihan perancangan  business continuity plan guna meningkatkan hasil jual produk unggulan dan strategi bertahan dalam bisnis di desa magakarya kecamatan moyo hulu”. Program tersebut merupakan salah satu kegiatan yang didanai Hibah PkM Internal UTS di Tahun 2021.

Tujuan pelaksanaan program tersebut adalah untuk meningkatkan hasil jual produk unggulan serta srategi bertahan dalam bisnis disegala kondisi. Pelaksanaan Program tersebut dihadiri oleh Kepala desa Magakarya, para pelaku UMKM di desa magakarya serta tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Edi Irawan, M.E, Denny Hambali, M.Acc.Akt. dan Hanifa Sri Nuryani, M.M. Kemudian dari mahasiswa UTS ,Ramayo Rakasiwi, Samsul Arifin, Rahmi R Lapananda, Ivan Saputra dan Amirullah.

Dalam sambutan kepala desa Magakarya yaitu Pak Syafruddin, beliau menyampaikan bahwa apresiasi dari hasil PkM Dosen UTS yakni pelaksanan pelatihan E-commerce serta pelatihan perancangan Business Continuity Plan bagi UMKM dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan produk unggulan serta dalam strategi pemasaran dan mampu bertahan dalam bisnis disegala kondisi.

Pelaksanaan acara tersebut dilaksanakan selama dua hari, yang diawali oleh Pelatihan E-commerce, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan e-commerce bagi Mitra, meliputi pengertian e-commerce, kebutuhan dasar,jenis – jenis  transaksi yang dapat ditangani menggunakan ecommerce, pihak-pihak yang harus terlibat, jenis-jenis ecommerce, dan manajemen promosi produk unggulan serta manajemen transaksi melalui E-commerce.

Edi Irawan, Denny Hambali & Hanifa Sri Nuryani


Pada hari kedua, pengabdian masyarakat dilanjutkan dengan pelatihan perancangan  business continuity plan hal ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mitra bagaimana strategi bertahan dalam bisnis disegala kondisi. Disesi pelatihan ini, mitra lebih fokus pada bagaimana pencegahan dan pengendalian yang disusun untuk menghadapi potensi kendala gangguan atas keberlangsungan bisnis.
Dengan telah terlaksananya program pengabdian masyarakat di desa Magakarya selama dua hari ini diharapkan terwujudnya peningkatan pemasaran produk unggulan desa magakarya melalui E-commerce serta terbentuknya mental para pelaku UMKM dalam menjalani bisnis didalam segala kondisi. Kemudian terjalinya kerjasama antara Universitas Teknologi Sumbawa dengan pihak desa magakarya dalam pembangunan ekonomi desa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin