Mobil Listrik “KALEANG” UTS

Setelah NgebUTS motor listrik hemat energi, kali ini Tim NgebUTS Universitas Teknologi Sumbawa kembali mencoba inovasi menciptakan Mobil Listrik, yang diberi nama Kaleang. Dalam bahasa Sumbawa, Kaleang berarti Elang, sebutan kampus UTS.

Mobil listrik Kaleang merupakan mobil hemat energi yang dirancang untuk mengikuti perlombaan dengan berbasis baterai. Kaleang UTS telah turut berpartisipasi dalam ajang kompetisi Shell Eco Marathon (SEM) 2022. Balap mobil hemat energi berskala internasional itu telah diselenggarakan di sirkuit Pertamina Mandalika International Street atau Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), pada 11-15 Oktober 2022 lalu.

Sebelum mengaspal di SEM 2022, Kaleang sudah diuji coba dengan menjajal Sumbawa-Empang. Hasilnya, Kaleang mampu menempuh 89 km, didorong oleh motor 1.2 kW dan baterai 4 kWh, dengan sekali charge hanya Rp 5.700. Hasil yang cukup baik untuk sebuah percobaan awal.

Ketua Tim Ngebuts, Ahmad Jaya, mengatakan, keikutsertaan pihaknya dalam ajang Shell Eco Marathon Indonesia 2022, adalah dalam rangka mendukung penciptaan kendaraan hemat bahan bakar di Indonesia, Utamanya di Provinsi NTB. 

“Yang pasti, ini baru pertama kali kami ikut. Apalagi provinsi NTB juga menjadi tuan rumahnya tahun ini. Tapi,  Insya Allah, saat ajang Shell Eco Marathon tahun 2023, kita akan buat kendaraan mobil listrik yang memiliki spesifikasi lebih lengkap lagi dari yang ada sekarang,” ujar Jaya.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D memberikan support penuh kepada Tim NgebUTS, Ia juga berbagi cerita tentang Kaleang UTS. 

“Persiapan untuk membuat Kaleang ini cenderung singkat, ibarat proyek Sangkuriang. Kami diminta berpartisipasi dalam acara SEM yang bergengsi itu satu bulan sebelum hari H. Alhamdulillah, karena kami sudah ada stok motor listrik dan kontroler nya jadi bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Tinggal order baterainya saja dari Jakarta. Kampus kampus besar di Indonesia dan Asia banyak yang ikut berpartisipasi. Tahun ini kita memang belum bisa ikut berlomba. Namun kita bisa pastikan tahun depan untuk daftar. Dosen dan mahasiswa Teknik Mesin, Elektro, Industri, Informatika bisa ikut terlibat dalam proses perlombaan ini. Terus berikan yang terbaik!” Pungkas Rektor.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024