Cegah Perundungan, Dosen Psikologi Berikan Workshop di SMKN 1 Tarano

Tarano, Sumbawa (NTB) – Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa melaksanakan workshop dengan tema Penyusunan Program Anti Perundungan di SMKN 1 Tarano Sabtu, 26/11/2022.

Kegiatan ini diikuti oleh tim Dosen Psikologi yaitu Roni Hartono, M.Pd, Ayuning Atmasari, M.Psi., Psikolog, Efan Yudha Winata, M.Psi., Psikolog, Imammul Insan, S.Psi., M.SiFitra Hasri Rosandi, S.Ant., M.PSDM, Lukman Hakim, M.Pd serta guru dan siswa SMKN 1 Tarano.

“Tujuan dari kegiatan workshop tersebut selain pengabdian kepada masyarakat (PKM), Program Anti Perundungan yang merupakan program dari Kemendikbud sebagai upaya untuk mengurangi perundungan yang ada di Sekolah karena banyaknya kematian bahkan sampai hal-hal yang tidak diinginkan berawal dari kasus intimidasi atau bullying oleh sebab itu diadakan program sekolah aman yang dimana salah satu sub programnya terkait bebas perundungan”. Tutur EfanYudha Winata selaku pemateri dalam workshop tersebut.

Efan juga menjelaskan untuk mendukung program Kemendikbud, sekolah perlu menggunakan berbagai strategi proaktif untuk menciptakan lingkungan yang menghambat intimidasi di lingkungan sekolah. Ada berbagai macam cara salah satunya sekolah perlu mendengarkan, mengakui dan bertindak atas umpan balik siswa. Sekolah juga dapat memberikan pelatihan pengawas di waktu istrahat dengan cara kreatif seperti membaur dan menanyakan apa yang dibutuhkan yang siswa butuhkan atau kegiatan lainya yang dapat terlibat langsung dalam aktivitas siswa.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024