Senin (19/12) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa kedatangan Tim dari Badan Penjamin Mutu Akademik Universitas Teknologi Sumbawa (BPMA UTS) untuk melaksanakan kegiatan Monitoring Evaluasi Akademik Semester Ganjil 2022/2023 Kegiatan rutin ini dilakukan setiap satu semester dengan tujuan agar seluruh Program Studi meningkatkan mutu akademik. Output mutu akademik ini sangat berpengaruh pada luaran atau lulusan program studi sehingga mampu bersaing di dunia kerja dan memiliki kemandirian dalam menciptakan peluang kerja. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memenuhi kriteria atau instrument penilaian.
Kedatangan tim BPMA yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Penjamin Mutu Akademik Jannatun Aliyah, S.Kom., M.M.Inov yang didampingi oleh Deputi Audit Mutu Akademik Lukmanul Hakim, S.Si., M.Si. dan Deputi Sistem Penjaminan Mutu Akademik Ahmad Jibrail, S.E., MA., AMA disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa Muhammad Nurjihadi, M.Si. didampingi oleh Wakil Dekan FEB UTS Diah Anggeraini Hasri, S.Si., M.Sc.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyambut baik kedatangan tim BPMA dalam rangka pemantapan Tabel Indikator Kinerja Utama (IKU) dan pengisian Drive.
“kami sangat menyambut baik kegiatan monev ini agar kami bisa tahu apa saja berkas yang masih kurang dan lain sebagainya begitupun sebaliknya dari Tim BPMA bisa mengetahui apa saja kendala dan yang dibutuhkan oleh Fakultas” ujarnya.
Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan setiap unit kerja ataupun fakultas telah memahami dokumen yang semestinya diupload dan tersingkronnya data sehingga terciptanya bank data agar dapat dijadikan sebagai bukti bahwa Universitas Teknologi Sumbawa telah menjalankan fungsi pengawasan dalam program kerja masing-masing unit atau fakultas,
Selain itu hal ini bisa menjadi langkah awal untuk membentuk budaya baru terhadap pengarsipan dan kerapihan dokumen sehingga dapat menjadi warisan untuk struktur atau pimpinan selanjutnya.
Deputi Sistem Penjaminan Mutu Akademik Ahmad Jibrail, S.E., MA., AMA dalam pemaparannya berharap monev kali ini dapat menghasilkan laporan sesuai standar.
“Sehingga untuk mengantisipasi laporan monev yang kurang lengkap untuk semester ganjil, maka kami ingin melakukan persamaan persepsi, sekaligus mendengarkan kendala yang dihadapi dalam pengisian Tabel IKU dan pengsrsipan berkas ke drive yang telah kami sediakan,” ungkapnya.
Lebih lanjut ditambahkannya juga bahwa laporan dari monev ini akan diteruskan ke Pimpinan Universitas.
“Nanti juga akan ada pertemuan tingkat Universitas, untuk membahas apa yang menjadi temuan Tim Monev di Tingkat Fakultas. Hal ini agar Pimpinan Universitas dapat mengetahui apa yang menjadi permasalahan dan kendala yang ada di setiap unbit kerja dan Fakultas,” tambahnya.