UTS Jadi Tuan Rumah MUNAS BEM Seluruh Indonesia 2023

Musyawarah Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (Munas BEM SI) resmi ditutup pada Jumat malam (17/03/2023) dimana UTS menjadi Tuan Rumah dalam penyelenggaraan munas tersebut, yang diikuti oleh 85 Kampus se Indonesia. Kegiatan ini telah berlangsung sejak 14 Maret lalu, bertempat di Hotel Parahiyangan, Sumbawa. 

“Representasi Mahasiswa Sebagai Fasilitator dalam Mengupayakan Rekonsiliasi Demokrasi Indonesia” menjadi tema besar yang diusung dalam kegiatan Munas kali ini. MUNAS BEM Seluruh Indonesia (SI) adalah forum tahunan yang tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang peran dan fenomena kebangsaan, serta menampung dan mengelola gagasan intelektual mahasiswa seluruh Indonesia.

“Kegiatan Munas BEM SI ke 16 ini menjadi semangat untuk terus mempererat hubungan kerjasama antar Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Indonesia, selain menjadi wadah mengevaluasi kinerja satu tahun kepengurusan Aliansi BEM SI itu sendiri, dan menetapkan struktur kepengurusan baru serta orientasi kerja selama satu tahun kedepan Aliansi BEM SI. Kami sangat senang, bahwa UTS dapat dipilih menjadi tuan rumah tahun ini. Teman-teman mahasiswa seperjuangan dapat berkumpul dan berdiskusi banyak hal, untuk satu tujuan yakni Indonesia yang lebih baik, membangun harmonisasi gerakan dalam merumuskan gagasan strategis untuk menyikapi berbagai permasalahan di Indonesia secara komprehensif.” Tutur Rais Presiden Mahasiswa UTS yang menjadi pioner dapat terselenggaranya MUNAS BEM SI di Sumbawa. 

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya di malam penutupan Munas menuturkan bahwa peran mahasiswa amatlah penting dalam rangka pembangunan daerah, bangsa dan Negara karena memiliki peran strategis sebagai agen perubahan sosial, ekonomi dan politik. “Demi kemajuan bangsa dan negara dalam melakukan terobosan – terobosan sikap kritis dan progresif seorang pemuda sangat diharapkan. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa dalam memperjuangkan pembangunan Bangsa. Sumbawa yang juga dijuluki Tana Intan Bulaeng, semoga dapat menjadi kenangan manis bagi rekan-rekan mahasiswa yang hadir. Selamat kepada BEM UTS yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini.” pungkasnya 

Dalam Sidang Musyawarah Nasional yang telah digelar, Hilmi Ash Shidiqi dari Universitas Sebelas Maret terpilih menjadi Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia (SI) periode 2023-2024. Hilmi Ash Shidiqi berkomitmen bahwa akan menjadikan BEM SI sebagai wadah perjuangan aktif, partisipatif, dan kolaboratif untuk kemajuan aliansi BEM SI dan Indonesia. “Gerakan ini memiliki ruh baru. Perjuangan terus berlanjut, maka mahasiswa Indonesia perlu menyatukan arah gerak demi Rakyat Indonesia.” Tandasnya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024