Bendahara Desa Mahir dalam Pengelolaan Pajak Dosen FEB berikan Pelatihan

Sumbawa UTS, 8 Juni 2023 – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa memberikan pelatihan kepada bendahara desa di Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa dalam program pengabdian masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan pajak di tingkat desa. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan pendapatan pajak desa, memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan, serta mendukung pembangunan dan kesejahteraan desa secara keseluruhan.

Dalam pelatihan tersebut, Dosen Program Akuntansi bekerja sama dengan KPP Pratama Sumbawa memberikan wawasan mendalam mengenai peraturan perpajakan terkini, prosedur pelaporan pajak, serta teknik pengelolaan keuangan yang efektif. Para pemateri pada kegiatan pelatihan menekankan pentingnya peran bendahara desa dalam pengelolaan pajak. Mereka menyatakan bahwa pemahaman yang baik tentang peraturan perpajakan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas dapat memastikan keuangan desa terkelola dengan baik dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

Pelatihan ini mendapat sambutan positif dari para peserta yang merasa mendapatkan manfaat besar dari materi yang diajarkan. Dalam hasil kegiatan pelatihan tersebut, ditemukan permasalahan utama yang dihadapi oleh 4 desa di Kecamatan Lape, yaitu Desa Lape, Desa Dete, Desa Hijrah, dan Desa Labuhan Kuris. Permasalahan tersebut meliputi kurangnya pemahaman tentang peraturan pajak, kurangnya pelatihan dan pembaruan pengetahuan, serta risiko pelanggaran perpajakan.

Pemateri pada kegiatan pelatihan wajib pajak Rizal Muhaimin dan I Putu Arya dari KPP Pratama Sumbawa menjelaskan pentingnya peran bendahara desa dalam pengelolaan pajak. Beliau menyatakan, “Bendahara desa memiliki peran yang krusial dalam mengumpulkan dan mengelola pajak di tingkat desa. Dengan pemahaman yang baik tentang peraturan perpajakan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas, mereka dapat memastikan keuangan desa terkelola dengan baik dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.” Ujarnya.

Ketua kegiatan ini, Denny Hambali, S.E., M.Acc., menyatakan apresiasinya terhadap berlangsungnya pelatihan ini sebagai langkah yang tepat dalam mendukung pembangunan ekonomi di tingkat desa. Ia juga berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, terutama dalam pengelolaan keuangan dan perpajakan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bendahara desa dapat memahami pelaporan perpajakan yang berkaitan dengan desa dan wajib pajak yang berada di desa.

“Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan perpajakan. Semoga pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi desa-desa di seluruh kabupaten sumbawa,”

Kegiatan ini juga diharapkan memberikan pengetahuan baru kepada aparatur desa, terutama kepala desa, bendahara desa, pengawas desa, serta pengusaha dan masyarakat setempat, mengenai tata cara perpajakan. Para aparat desa diharapkan dapat memahami potensi pajak desa guna meningkatkan pendapatan desa. Rencana tindak lanjut kegiatan ini tidak hanya melibatkan pendampingan terhadap bendahara desa, tetapi juga akan dilakukan pendampingan dalam pengisian form pelaporan pajak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024