Tiga Dosen Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral UTS Raih Hibah Pendanaan Riset DIKTI 2023

Sumbawa, 6 Juni 2023 – Tiga dosen dari Fakultas Teknologi Lingkungan yang berada di bawah naungan Universitas Teknologi Sumbawa berhasil meraih hibah pendanaan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2023. Hibah tersebut diberikan guna mendukung penelitian yang inovatif dan berpotensi memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Ketiga dosen tersebut adalah Tri Susilawati, S.Pd., M.Si., Syamsul Bahtiar, M.Si., dan Nurul Amri Komarudin, M.Si.

Tri Susilawati, S.Pd., M.Si., merupakan dosen dari Program Studi Teknik Sipil, berhasil meraih hibah penelitian dengan judul “Optimasi Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sumbawa dengan Model Sistem Dinamik.” Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model sistem dinamik guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sampah di Kabupaten Sumbawa. Dengan menggunakan pendekatan yang holistik, Tri Susilawati berharap penelitiannya dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengurangi dampak negatif dari pengelolaan sampah yang tidak optimal.

Syamsul Bahtiar, M.Si., dosen dari Program Studi Teknik Metalurgi, juga berhasil meraih hibah penelitian dengan judul “Green Sintesis Ferrofluida Fe3O4 Menggunakan Ekstrak Daun Bidara @PEG 4000 berbasis Pasir Besi Rhee Kab.Sumbawa.” Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode sintesis ferrofluida yang ramah lingkungan dengan menggunakan ekstrak daun bidara dan pasir besi Rhee Kabupaten Sumbawa. Dengan pendekatan yang inovatif ini, Syamsul Bahtiar berharap penelitiannya dapat memberikan alternatif pengembangan bahan magnetik yang lebih ramah lingkungan dan berpotensi aplikatif di berbagai bidang teknologi.

Selain itu, Nurul Amri Komarudin, M.Si., yang berkolaborasi dengan Dosen Peneliti dari Universitas Indonesia berhasil meraih hibah penelitian Kompetitif Nasional – Penelitian Kerja Sama Dalam Negeri dengan judul “Implementasi One Health di Sektor Peternakan Ruminansia: Integrasi Water, Sanitation and Hygiene (WASH) dan Biosecurity Untuk Pencegahan Infeksi Bakteri Antimicrobial Resistance Terhadap Masyarakat Peternak.” Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendekatan One Health dengan fokus pada sektor peternakan ruminansia. Nurul Amri Komarudin dan rekan tim penelitiannya berharap melalui penelitiannya, dapat ditemukan solusi inovatif yang menggabungkan aspek kebersihan lingkungan (WASH) dan keamanan hayati (biosecurity) untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri dan resistensi antimikroba yang membahayakan peternak dan masyarakat.

Hibah pendanaan yang diterima oleh ketiga dosen tersebut merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam melakukan penelitian

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024