Dosen FPH UTS Raih Hibah Program Penelitian Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2023

Sumbawa–  Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa  terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tercatat sebanyak tiga tim dosen Fakultas Psikologi dan Humaniora berhasil meraih dana hibah. Diantaranya diketuai oleh Bulan Rara Yangsen, S.S., M.Hum , Hana Medita, M.Sn  dan Hasrul Sani, M.Pd,.

Tim Dosen Program Studi Sastra Indonesia yang diketuai oleh Bulan Rara Yangsen, S.S., M.Hum dan Sukarismanti, M.Pd. berhasil meraih hibah penelitian  dengan judul “Eksplorasi Nilai-nilai Multikultural Dalam Sastra Anak Sumbawa Sebagai Revitalisasi Pendidikan Nilai dan Karakter”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai multikultural sastra anak Sumbawa sebagai revitalisasi pendidikan nilai dan karakter.

Tim dosen Seni Tari yang diketuai oleh Hana Medita, M.Sn berkolaborasi dengan Yusi Ambar Sari, M.Sn berhasil meraih hibah penelitian dengan judul “Interpretasi Nuja’ Rame Ke dalam Koreografi Tu Nuja’ Sebagai Upaya Konservasi Kultural Masyarakat”. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan koreografi kelompok dengan pengembangan pola basalolo dan basanentek pada prosesi Nuja’ selain itu, untuk menciptakan koreografi dengan mengekspresikan gotong royong dalam koreografi. Urgensi dalam penelitian ini dimana Nuja’ merupakan salah satu tradisi yang harus dijaga dan dikembangkan sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut tidak hilang begitu saja.

Selain itu, Hasrul Sani, M.Pd yang merupakan dosen Seni Musik berkolaborasi dengan dosen Pascasarjna UTS yaitu Dr. Suparman, M.Pd. B.I. berhasil meraih hiba penelitian dengan judul ” An Investigation Into The Effectiveness Of Main Kolo ( Sumbawa Tradisional Games) In Teaching Speaking For 7th Graders Of SMPN 1 Lopok”. Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki keefektifan penggunaan Main Kolo, Permainan Tradisional Sumbawa dalam pengajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas 7 di SMPN 1 Lopok. Pembelajaran ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengeksplorasi pendekatan bahasa Inggris yang inovatif dan relevan secara budaya dalam konteks lokal Sumbawa.

Dengan prestasi yang diraih oleh ketiga tim dosen tersebut merupakan wujud komitmennya dalam meningkatkan inovasi penelitian khususnya di daerah Sumbawa.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024