Fateta UTS Raih Pendanaan Luar Biasa untuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2023

Sumbawa, 8 Juni 2023 – Fakultas Teknologi Pertanian UTS patut berbangga telah berhasil meraih pendanaan dalam Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pada tahun 2023. Keberhasilan ini menandai langkah maju dalam inovasi dan kontribusi UTS dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian.

Ihlana Nairfana, S.TP., M.Si, menjadi salah satu dosen yang berjaya dengan anggota timnya, Heri Murtawan, M.Si. berhasil meraih pendanaan dengan penelitian yang berjudul “Analisis Kemampuan Ekstrak Daun Bidara (Zhiziphus mauritiana) Indigenous Pulau Sumbawa sebagai Pengawet Alami dalam Mempertahankan Mutu Kesegaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus).” 

“Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan ekstrak daun bidara sebagai pengawet alami untuk menjaga kualitas dan kesegaran ikan nila.” Tutur Ihlana sapaan akrabnyaa.

Lalu ada Ratna Nurmalita Sari, S.TP., M.Sc, bersama dengan Ariskanopitasari, S.T., M.App.,Sc, dan Lalu Heri Rizaldi, S.TP., M.T, membentuk tim penelitian yang meneliti “Profil Sensori Susu Ruminansia dan Potensi Koagulan Nabati Indigenus sebagai Komponen Keju Probiotik Sumbawa.” Penelitian ini berfokus pada analisis sensori susu ruminansia serta pemanfaatan koagulan nabati sebagai komponen keju probiotik khas Sumbawa.

Jenri P. Hutasoit, S.TP., M.TP, bersama dengan Ariskanopitasari, S.T., M.App.,Sc, telah meraih pendanaan untuk penelitian yang menarik berjudul “Pengembangan Roti Bebas Gluten Berbasis Pati Jagung dengan Modifikasi Enzimatis dan Ohmic Heating (Kajian: Pengaruh Gradien Tagangan dan Monsentrasi TGase terhadap Karakteristik Produk).” Penelitian ini berfokus pada pengembangan roti tanpa gluten dengan menggunakan pati jagung yang dimodifikasi secara enzimatik dan teknik ohmic heating.

Terakhir, Shafwan Amrullah, S.T., M.Eng, bersama dengan Veni Rori Setiawati, S.Si., M.Pd, dan Lalu Suhaimi, S.T., M.T, dengan judul “Transesterifiksi Minyak Jelantah menjadi Biodiesel sebagai Bahan Bakar Terbarukan Memanfaatkan Katalis Heterogen Limbah Abu Jerami Padi/Cangkang Telur Berbiaya Rendah dan Ramah Lingkungan.” Penelitian ini bertujuan untuk mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel dengan menggunakan katalis heterogen yang berasal dari limbah abu jerami padi dan cangkang telur, yang memiliki biaya rendah dan ramah lingkungan.

Selain itu,  Ihlana Nairfana juga berhasil meraih pendanaan dalam Program Pengabdian Masyarakat dengan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pada tahun 2023 dengan judul “Pendampingan Budidaya dan Pascapanen Bawang Merah asal True Shallot Seeds (TTS) di Desa Brang Kolong, Kabupaten Sumbawa.” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budidaya dan pascapanen bawang merah dengan menggunakan benih True Shallot Seeds (TTS) di Desa Brang Kolong, Kabupaten Sumbawa.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D memberikan selamat dan apresiasi atas prestasi tersebut. “Selamat kepada Ibu Bapak Dosen atas prestasi ini. UTS terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi dan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, serta menguatkan posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dalam teknologi pertanian. Kami berharap bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan teknologi pertanian di wilayah Sumbawa NTB dan Indonesia secara keseluruhan. Semoga Fakultas Teknologi Pertanian terus dapat meningkatkan prestasinya di bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Darma Perguruan Tinggi).” Pungkasnya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024