UTS Berkolaborasi Bangun IPM KSB

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dijadikan sebagai dasar kualitas penduduk suatu bangsa. IPM menunjukan kualitas masyarakat dari segi pendidikan, kesehatan, juga berdasarkan tingkat pendapatan ekonomi masyarakat. Bagi negara-negara di dunia saat ini, keberhasilan pembangunan yang mereka jalankan tidak hanya dinilai dari besarnya Produk Domestik Bruto (PDB) yang mereka miliki, tetapi juga dari seberapa berhasil mereka membangun kualitas sumberdaya manusia masyarakatnya yang dicerminkan melalui IPM. Meningkatkan IPM ini bukan hal yang dapat dicapai karena ‘one man show’, setiap orang harus terlibat dan berperan dalam berkontribusi sesuai dengan kapabilitas dan bidangnya masing-masing, baik masyarakat, pemerintah, institusi pendidikan, pebisnis, dan lainnya.

Demi mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia dalam hal ini bidang pendidikan, pada 20/09/2022 UTS telah melaksanakan Penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat terkait Tri Darma Perguruan Tinggi, serta Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB. Lebih spesifik MoU dan PKS tersebut mengacu pada dukungan beasiswa oleh PemKab Sumbawa Barat kepada ASN yang berada dilingkup pemerintah KSB untuk dapat menempuh program S2 Manajemen Inovasi di Sekolah Pascasarjana UTS.

Penandatanganan MoU dilakukan secara langsung oleh Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D dan Bupati KSB Ir. H. W. Musyafirin, MM, serta PKS oleh Wakil Rektor I UTS Win Ariga Mansur Malonga, S.Pi., M.Sc dan Kepala BKPSDM H. Abdul Malik, S.Sos., M.Si dalam gelaran Upacara Syukur KSB memperingati Hari Jadi KSB yang juga bertepatan dengan Hari Dinas Perhubungan KSB yang digelar di Lapangan Upacara Graha Fitrah Kantor Bupati KSB.

Dalam pidatonya Bupati KSB menyampaikan bahwasannya pemerintah senantiasa mendukung kemajuan dari segenap masyarakat KSB dalam hal ini para ASN dalam mengembangkan diri, mendukung peningkatan IPM KSB salah satunya melalui pemberian beasiswa pendidikan di MI UTS. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat merupakan kabupaten pertama di NTB yang menginisiasi kerja sama dengan memfasilitasi ASN nya untuk mendapatkan pendidikan pascasarjana.

Didampingi oleh Wakil Rektor I, Direktur Kerja Sama Dalam Negeri (DKDN) UTS Muhammad Iqbal, S.Sos., M.M. Inov, dan KaSub DKDN Vivin Nila R, S.S., M.A lepas dari seremonial Upacara Syukur, bergerak menuju Kantor BKPSDM yang masih berada dilingkungan Kantor Bupati KSB guna berdiskusi lebih lanjut terkait gebrakan kedepan yang bisa dikolaborasikan dengan UTS Kampus Elang Muda.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D mengungkapkan apresiasinya atas langkah hebat yang diinisiasi oleh Pemkab Sumbawa Barat. “Semester ini akan ada 50 an mahasiswa asal KSB yang merupakan ASN akan melanjutkan pendidikan di Manajemen Inovasi UTS. Insyaallah dalam 1,5 tahun kedepan akan lahir 50 inovasi baru dari para ASN yang akan memajukan KSB. Misinya hebat, Pemda KSB ingin melahirkan banyak inovator-inovator handal sebagai ujung tombak pemerintahan dan pembangunan di Bumi Pariri Lema Bariri. Terima kasih atas kepercayaannya kepada UTS. Kami UTS-Manajemen Inovasi siap dukung IPM NTB dan Indonesia”. Pungkas Rektor.

Kunjungi BRIN, UTS Teken MoU Sukseskan Program MBKM

Membuka peluang bagi mahasiswa untuk memperoleh sebaik-baiknya serta sebanyak-banyaknya ilmu...

Read MoreDesember 3, 2022

UTS Silaturahmi ke Perusahaan Tambang Batu Bara PT Adaro Indonesia

Rektor UTS telah melakukan kunjungan kerja ke PT Adaro Indonesia,...

Read MoreDesember 3, 2022

UTS Teken MoU dan MoA dengan PT Nanotech Indonesia Global

Rektor UTS telah melakukan kunjungan kerja ke PT Nanotech Indonesia...

Read MoreDesember 3, 2022

Kepala BIG Berikan Kuliah Umum Pemanfaatan Informasi Geospasial Dalam Upaya Mitigasi Bencana dan Pembangunan Wilayah Untuk Mahasiswa FTLM UTS

Sumbawa – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia, Prof. Dr....

Read MoreDesember 3, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin