Dosen Penerima Hibah PMP UTS Kembangkan Produk Unggulan Desa Kelungkung

Kunyit Madu Instan
Lulur Seme Babak (LUSEBA)
Teh Kayu Sepang ( Teh Kasep)

Batulanteh, Fokus NTB – Ibu PKK Desa Kelungkung mendapatkan pelatihan mengenai “Pembinaan Kreatifitas dan Inovasi Perempuan Desa Melalui Pengembangan Pemasaran Produk Unggulan Serta Pengelolaan Keuangan Guna Mewujudkan Produk Berdaya Saing dan Manajemen Keuangan Di Desa Kelungkung” di gedung serbaguna Desa kelungkung, Kamis (5/10).

Kegiatan yang didanai oleh Kemendikbudristek RI ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan mitra dalam hal ini perempuan desa (ibu – ibu PKK) di Desa Klungkung mengenai kreativitas dan inovasi pengembangan pemasaran produk unggulan serta pengelolaan keuangan guna mewujudkan produk berdaya saing dan manajemen keuangan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini ialah membina kreatifitas dan inovasi perempuan desa melalui pengembangan produk desa unggulan serta guna mewujudkan produk berdaya saing dan manajemen keuangan dalam bisnis. Adapun sasaran kelompok dalam kegiatan ini yaitu pada kelompok Ibu – ibu PKK Desa Kelungkung.

Tim pemberdayaan masyarakat menawarkan kepada mitra berupa pelatihan pendampingan kreativitas dan inovasi pengembangan pemasaran produk desa dengan memperkenalkan marketplace online atau jual beli online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada serta membuat channel Youtube dalam melakukan inovasi pemasaran produk unggulan desa. Kemudian tim pemberdayaan juga mengenalkan konsep manajemen keuangan. Harapannya, mitra dapat mengembangan secara mandiri pemasaran produk unggulan desa di era digital ini serta mampu mengatur pengelolaan keuangan usahanya.

Adapun tim pemberdayaan masyarakat pemula ini diketuai oleh Edi Irawan,M.E, kemudian anggota pertama Abdul Salam, M.M dan Hanifa Sri Nuryani, M.M sebagai anggota 2. Jumlah peserta yang hadir dalam pemberdayaan masyarakat ini sebanyak 16 orang ibu – ibu PKK Desa Klungkung. Disamping adanya pelatihan memperkenalkan marketplace online serta membuat channel Youtube, kegiatan ini memperkenalkan penggunaan alat komputer PC All In One dalam memasarkan produk unggulan desa secara online. Komputer PC All In One merupakan hibah alat bagi ibu ibu PKK Desa klungkung yang diserahkan ketua tim.

Pada akhir acara pemberdayaan masyarakat di desa Kelungkung, Ketua PKK Desa Kelungkung Ibu Rahmawati menyampaikan kesan dan harapan dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dari Universitas Teknologi Sumbawa dapat membawa perubahan inovasi pemasaran produk unggulan pada ibu – ibu PKK Desa Kelungkung sehingga Desa Kelungkung dapat dikenal oleh semua orang pada khasiat kesehatan produk unggulan yang dimilikinya. Adapun produk unggulan Desa Kelungkung yang sudah dipasarkan secara online dari hasil kegiatan ini seperti teh kayu Sepang, kunyit madu instan serta Luseba (Lulur Seme Babak).

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024