Peringati Hari Kesehatan Mental, Hari Lebarannya Mahasiswa Psikologi

Himpunan Mahasiswa Psikologi turut memeriahkan hari kesehatan mental dengan mengadakan berbagai kegiatan. Melansir situs resmi World Federation for Mental Health tema yang diusung tahun ini adalah “Mental Health is a Universal Human Right“.  Dimana kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang harus diakui dan dihormati.

HIMAPSI  mengadakan kegiatan bagi surat keliling Universitas  yang diselenggarakan 10/10/2023. Kegiatan ini menjadi wadah menampung surat-surat kiriman mahasiswa psikologi secara anonim yang kemudian dibagikan ke seluruh mahasiswa, dosen dan tendik yang ada di lingkup UTS. Surat-surat tersebut merupakan bentuk dari apresiasi dan dukungan yang dimana harapannya akan membuat penerima merasa dirinya berharga. 

Kegiatan ini tidak hanya diselenggrakan di lingkup fakultas melainkan juga dengan lingkup universitas yang lebih luas dan bisa menyuarakan terkait dengan isu kesehatan mental yang sedang marak diperbincangkan. 

“Harapannya semoga orang-orang lebih aware terhadap kesehatan mentalnya juga terhadap kesehatan mental orang lain. Semoga setelah menerima surat ini bisa membuat mereka merasa berharga dan tidak merasa sendirian,” pungkas Fayrus selaku ketua HIMAPSI

Selain itu, Himpunan Mahasiswa Psikologi Priode Triyasa Aguna  juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan seminar yang diadakan  pada tanggal 13/10/2023 bertempat di Sumbawa Techno Park (STP). Dengan mengusung tema “Mengenali Diri dan Merawat Kesehatan Mental : Bahaya Self-harm dan Self-diagnosis”, seminar ini menghadirkan  Kartika Mustafa M. Psi., Psikolog, yang merupakan seorang psikolog di RS Manambai.

Kegiatan ini diikuti  oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari pengurus HIMAPSI UTS dan berbagai delegasi dari setiap program studi di UTS.

Melalui seminar psikologi ini, diharapkan dapat memberikan informasi penting serta meningkatkan kesadaran tentang masalah self-harm dan self-diagnosis, serta diharapkan dapat membantu mencegah tindakan merusak diri sendiri, khususnya di kalangan mahasiswa.

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024