Dari UTS Internship, Mahasiswa Ilkom Praktik Kerja di PROKOPIM Sumbawa

Sumbawa – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyediakan Program MBKM, salah satunya adalah UTS Intership atau kegiatan magang bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di luar kelas. Program ini bertujuan menambah pengalaman, wawasan, dan  membentuk kopentensi yang menghasilkan mahasiswa yang terampil, disiplin, menguasai dan memperluas skill.

Ermila Rizka Sudirman mahasiswa semester enam prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teknologi Sumbawa telah menyelesaikan magang di PROKOPIM (Protokol, dan Komunikasi Pimpinan) di Kantor Bupati Sumbawa. Magang yang ia jalani selama 121 hari kerja dimulai tanggal 1 Februari 2023 hingga 1 juni 2023 tersebut diberikan tanggungjawab pada bagian Dokumentasi Pimpinan. Dokpim tersebut meliputi mendokumentasi kegiatan – kegiatan yang diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah. Kegiatan – kegiatan tersebut seperti upacara, rapat, seminar, Safari Ramdhan dan lain – lain. “Ditempatkannya saya di dibagian Dokpim ini sangat menambah pengalaman yang berharga terkait dunia Humas, Media dan Protokol. Saya cukup banyak belajar dari  teman – teman di PROKOPIM, mulai dari kecepatan dan ketepatan mengambil foto dan video, kelincahan mengikuti gerak bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah saat mengikuti acara dari awal sampai akhir dan yang terakhir disiplin dan ketepatan waktu.”

Ermila mengaku jika banyak kegiatan yang tidak mudah untuk diikuti, namun itu adalah tantangan baginya. “Dokumentasi Pimpinan yang mendokumentasikan kegiatan Bupati, Wakil Bupati dan Sekretris Daerah dari awal sampai akhir, tapi cukup seru karena saya mendapatkan banyak pengalaman baru, terutama dibagian penggunaan kamera karena pada semester awal kami prodi Ilmu Komunikasi diajari penggunaan kamera dan saya mengimplementasikan sedikit saat magang di PROKOPIM.”

Menjalani internship sebagai bagian dari proses akademik menjadikan Ermila menjajaki ilkim kerja yang diharapkan menjadi bekal nanti. “Terimakasih kepada kampus yang sudah memberikan arahan dan kesempatan belajar, terima kasih terhadap senior di PROKOPIM yang telah membimbing saya dengan sabar, saya juga mengucapkan banyak terima kasih juga terhadap Pak Firman selaku Kasubag saya, selama magang di kantor ini.”

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024