Gelar Pementasan Karya Tugas Akhir, Seni Tari UTS Siap Cetak Lulusan Seniman

Sumbawa –  Pementasan karya tugas akhir bertajuk Tu Nuja’ menjadi pementasan perdana sejak berdirinya Program Studi Seni Tari di Universitas Teknologi Sumbawa. Pementasan Karya tersebut sukses di gelar pada Rabu, 5/07/2023. 

Hanisya Rahmi Novia Sumbawati yang akrab di panggil Hanisya memilih tradisi Tu Nuja’ sebagai insiprasi dalam pembuatan karyanya didasari dengan perkembangan zaman yang semakin modern. ” Dimana yang kita ketahui tradisi nuja’ di Sumbawa sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu bagian dari acara pernikahan masyarakat Sumbawa yang mulai terkikis oleh perkembangan zaman hingga di beberapa acara pernikahan mulai ditinggalkan. Maka dari dari situ, saya ingin menciptakan kembali tradisi nuja’ dengan bentuk koreografi sehingga tradisi tersebut tidak akan hilang walaupun secara visual tidak sama akan tetapi maknanya bisa tervisualisasikan dalam karya ini”. tuturnya.

Tidak hanya itu, pementasan karya tugas akhir, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mahasiswa memperkenalkan budaya Sumbawa. Dalam tarian yang ditampilkan oleh Hanisya dan tim,  terdapat nilai-nilai budaya dan tradisi yang lekat hubungannya dengan masyarakat. Dengan menggabungkan keunikan budaya lokal dengan sentuhan kreativitas modern, Hanisya  berhasil menciptakan karya  yang tidak hanya indah secara visual, tetapi juga mengandung makna yang mendalam.

” Pesan dalam karya tari ini dalam karya tari Tu Nuja’ ini memiliki pesan gotong royong atau nilai kebersamaan yang terkandung dalam tradisi Nuja’ dengan menggunakan simbol pengantaran bantuan berupa padi kepada pihak pengantin dan deneng sebagai simbol alat penumbuk padi.” tutur Hanisya

Walaupun kerap menjadi salah satu jurusan yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Jurusan seni tari saat ini tentunya banyak dibutuhkan oleh industri kreatif. Prospek kerja dari jurusan ini, tidak kalah bergengsi dari jurusan lain yang sudah umum di masyarakat.

Dengan adanya gelar pementasan karya tugas akhir ini, membuktikan bahwa Prodi Seni Tari UTS siap mencetak lulusan yang berkualitas. melalui pementasan karya ini juga  diharapkan lulusan seni tari UTS dapat membuktikan kemampuan mereka dalam menciptakan karya tari yang berkualitas. Selain itu, pementasan ini juga menjadi ajang bagi lulusan untuk memamerkan hasil penelitian dan eksplorasi mereka dalam bidang seni tari. Dalam proses penyusunan karya tugas akhir ini, para mahasiswa didorong untuk berinovasi dan mengeksplorasi ide-ide baru dalam menciptakan karya yang unik dan berbeda.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024