Salut! OMP UTS Raih Hibah Internasional dari One Earth

Memberikan solusi nyata bagi masyarakat lewat inovasi, menjadi salah satu goals bagi Universitas Teknologi Sumbawa. Solusi ala UTS ini disebut SALUTS, salah satunya Solar Powered Cold Storage yang di gagas oleh Olat Maras Power (OMP) UTS. Tim OMP lewat cold storage berhasil meraih hibah internasional dari One Earth salah satu foundation internasional (NGO) yang berfokus pada lingkungan dan energi terbarukan untuk membantu masyarakat luas. (06/07/2023)

Nova Ariyanto selaku Ketua Tim OMP UTS mengungkapkan, “One Earth membaca artikel di media international yang di posting oleh New Energy Nexus Indonesia pada bulan Februari 2022 lalu. Sebelumnya, kami juga berhasil meraih hibah dari New Energy Nexus sebagai StarUp binaan New Energy Nexus sejak 2020. Pemberian hibah oleh One Earth ini, dimana mereka meminta OMP untuk mengimplentasikan solar powered cold storage kami untuk kelompok nelayan di Pulau Bungin, yang kedepannya akan di kelola melaui Bumdes atau Pemerintah Desa Pulau Bungin. 

Nova menambahkan, “Nantinya One Earth dan NEX. ID akan memonitor selama 4 bulan kedepan hingga implementasi terlaksana. Pemberi hibah akan memonitor secara berkala baik secara online dan offline, selain itu pihak One Earth akan melakukan visitasi ke lokasi implementasi Cold Storage di Pulau Bungin.”

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D memberikan selamat dan apresiasi atas prestasi ini. 

“Tahun ini universitas memang berfokus pada produk-produk teknologi yang dihasilkan, tidak hanya oleh dosen tapi juga mahasiswa. Produk teknologi ini kami harapkan menjadi SALUTS bagi masyarakat, seperti halnya Cold Storage yang digawangi oleh Pak Nova Ariyanto dan Tim.  Semoga pemberian hibah internasional ini bisa berdampak secara langsung hingga transisi energy berawal dari daerah pesisir di garis pantai Indonesia tengah, sehingga tagline UTS dan OMP untuk membumiendunia benar-benar nyata.” Pungkasnya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024