UTS Teken MoU International dalam University Presidents Forum,  Malaysia

Peningkatan kualitas pendidikan tinggi tentunya perlu dorongan lebih dengan konsistensi segenap orang didalamnya. Untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat peningkatan kerja sama baik nasional pun internasional terus di eksekusi oleh UTS. 

Pada 8-10 Agustus lalu, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D telah melakukan kunjungan ke Malaysia dalam beberapa agenda. Agenda pertama, yakni menghadiri Akademik Visit ke Fakultas of Social Sciences and Humanities  (FSSH) University Technology Malaysia (UTM) yang diterima langsung oleh Professor Dr. Arieff Salleh Bin Rosman, selaku Dekan FSSH. Dimana Rektor membersamai 30 Mahasiswa Sekolah Pascasarjana UTS yang tengah melakukan Study Tour Visit ke UTM. 

Setelah membuka study tour visit, Rektor UTS kemudian melakukan penandatanganan MoU dengan UTM yang ditandatangani secara langsung oleh Vice-Chancellor UTM Prof. Datuk Ahmad Fauzi Ismail. “Kerja sama dengan UTM ini meliputi bidang Akademik, nantinya dapat berupa students exchange, joint research atau akademic visit.” Ucap Chairul.

Agenda utama lainnya, Rektor UTS bertandang ke Malaysia adalah untuk mengikuti University Presidents Forum (UPF) ke 13 yang digelar oleh UTM. Ini merupakan program flagship dari UTM bagi para presiden/rektor universitas di dunia untuk mendiskusikan topik-topik penting terkait tantangan dan peluang Perguruan Tinggi terhadap berkembangnya teknologi digital.

“Dalam UPF ke 13 bersama dengan para presiden universitas dunia lainnya kami juga mendiskusikan tentang teknologi Kecerdasan Buata seperti ChatGPT yang telah banyak digunakan oleh para mahasiswa, serta bagaimana peranan pendidikan tinggi dalam merespon hal tersebut.” Terang Rektor UTS. 

Pada saat forum UPF berlangsung, UTS juga telah mengukuhkan kerja sama dengan berbagai universitas lainnya. Penandatanganan kerja sama dengan Universitas Trisakti yang ditandatangani oleh Pjs. Rektor Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, kerja sama dengan Universitas Lampung ditandatangani Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA., IPM. Kemudian kerja sama dengan Universitas Multi Data Palembang (UMDP) ditandatangani oleh Wakil Rektor IV UMDP Yulistia, S.Kom., M.T.I, serta penandatanganan kerja sama dengan Mindanao State University Tawi-Tawi College of Technology and Oceanography, Filipina  dengan Chancellor Prof. Mary Joyce Z. Guinto-Sali Ph.D.

“Total ada 5 kerja sama dalam forum UPF UTM yang akan kami realisasi kedepan. Tujuannya, adalah untuk merealisasikan visi UTS yang dikemas dalam jargon UTS Membumi dan Mendunia. Sehingga mahasiswa juga dosen UTS dapat melakukan berbagai kegiatan seperti students exchange, joint research, atau pengiriman dosen kita ke kampus ini. Sebelumnya UTS sudah mengirimkan seorang dosen untuk mengambil S3 di UTM. Ini sebagai bukti kesungguhan kami dalam merealisasikan kerja sama.”

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024