Tingkatkan Semangat Kompetitif Siswa Melalui Lomba Matematika dan Statistika (LOGIKA)

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) adalah Perguruan Tinggi Swasta dengan beragam Program Studi. Di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UTS, terdapat Program Studi Ilmu Aktuaria. Program Studi ini memiliki himpunan mahasiswa yang diberi nama Actuarial Student Association Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa (ACSA FEB-UTS) yang aktif dalam kegiatan akademik dan non-akademik untuk mahasiswa Ilmu Aktuaria.

ACSA FEB-UTS bertujuan untuk menciptakan generasi berprestasi di era globalisasi dan mewujudkan program kerja, yaitu lomba matematika dan statistika tingkat SMA/SMK/MA se-Bali Nusra. Lomba ini terdiri dari beberapa acara untuk mendidik, membangun semangat bersaing, dan menguatkan hubungan antar peserta. Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan Program Studi Ilmu Aktuaria kepada pelajar dan masyarakat sekitar, serta membantu pemerintah dalam memajukan pendidikan dan generasi berprestasi.

Dalam rangka mewujudkan program kerja tersebut, ACSA FEB-UTS menyelenggarakan Lomba Matematika Statistika (LOGIKA). Selain mengenalkan Program Studi Ilmu Aktuaria FEB UTS, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika dan statistika serta jiwa kompetitif siswa-siswi.

Kegiatan yang mengusung tema “Mengembangkan generasi yang cerdas, berfikiran kritis, serta kompetitif untuk mewujudkan Gen-Z yang unggul di era 4.0” dilaksanakan pada 11-12 Agustus 2023 bertempat di Aula lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ketua Program Studi Ilmu Aktuaria dan Dosen FEB UTS.

Dalam sambutannya rektor sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh himpunan mahasiswa ilmu aktuaria, terlebih lagi ilmu pengetahuan tentang matematika sangat penting dalam segala aspek.

“Matematika itu merupakan ilmu pengetahuan yang sangat penting di segala aspek, saya berharap dengan adanya lomba ini bisa mengubah presepsi para siswa tentang matematika yang tadinya susah dan rumit menjadi mudah dan menyenangkan”. Tuturnya.

Acara ini diikuti oleh 20 tim dari 15 Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Bali Nusra, yang berkompetisi dengan semangat tinggi dalam memperebutkan gelar juara.

Dalam kompetisi yang berlangsung selama dua hari, para siswa SMA menunjukkan kemampuan dan keahlian mereka dalam mengatasi berbagai tantangan matematika dan statistika yang dihadirkan oleh panitia. Setiap tim berjuang keras untuk meraih posisi tertinggi dan mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik dalam ilmu matematika dan statistika.

Setelah persaingan ketat, SMA Negeri 2 Sumbawa berhasil meraih juara pertama dengan total perolehan nilai tes tulis dan cerdas cermat 1140. SMA Negeri 1 Seteluk berhasil memenangkan posisi juara kedua dengan total nilai 750, juara ketiga diraih oleh SMA Negeri 1 Sumbawa dengan perolehan nilai 670. Sementara untuk juara 4 diraih oleh SMA Negeri 1 Moyo Utara dengan nilai 100 pada tes tulis dan cerdas cermat. Para pemenang tidak hanya berhasil mendapatkan gelar juara dan prestasi, tetapi juga hadiah yang sangat bernilai.

Masing-masing tim pemenang diberikan hadiah uang tunai dan kesempatan mendapatkan beasiswa di Universitas Teknologi Sumbawa sehingga hal ini dapat  menjadi peluang menarik bagi para pemenang untuk mengembangkan potensi di bidang ilmu aktuaria.

Lomba Matematika dan Statistika ini bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga menjadi wadah bagi para siswa SMA untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dalam ilmu matematika dan statistika. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Aktuaria UTS berharap bahwa kegiatan ini dapat terus memberikan inspirasi dan dorongan bagi generasi muda untuk berprestasi dalam bidang ilmu yang memiliki peran penting dalam berbagai sektor kehidupan.

“Lomba ini memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung realisasi program pemerintah terkait kurikulum merdeka. Selain itu lomba ini akan memberikan peluang bagi para siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi mereka. Melalui penyelesaian soal-soal yang disajikan dalam lomba, siswa akan mendapatkan latihan yang berharga untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca, menulis, dan berhitung. Dengan demikian, diharapkan bahwa melalui lomba ini, tingkat literasi dan numerasi para siswa dapat memiliki peningkatan yang signifikan.” Ujar Ketua Program Studi Ilmu Aktuaria

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024