Bantu Publikasi Sekolah, Dosen Prodi Ilkom Sosialisasi Pengelolaan Media dan Penulisan Feature Di SMPN 1 Utan

Upaya untuk mempublikasikan informasi suatu lembaga tentu memerlukan strategi yang pas. Nilai berita dan aspek manfaatnya bagi masyarakat luas adalah satu hal penting dalam mengemas sebuah informasi. Salah satu lembaga yang harus menguasai media publikasi adalah lembaga pendidikan, media publikasi sebagai jalur penyebaran aktifitas sekolah kepada target adalah bentuk membangun branding sekolah yang tujuan akhirnya adalah membangun porsepsi positif dari pembaca.

Hal tersebut yang melatarbelakangi dosen program studi Ilmu Komunikasi untuk menggadakan pendampingan pengelolaan media di SMPN 1 Utan. Tim yang terdiri dari lima orang dosen dan satu mahasiswa tersebut melakukan pendampingan sebagai bagian dari pengabdian kepada Masyarakat(12/07). Ofi Hidayat selaku ketua tim menuturkan jika pengelolaan media publikasi merupakan hal yang wajib di era sekarang, ‘Untuk mengimbangi kemajuan zaman serta target market dari lembaga pendidikan, media publikasi sebagai sebuah sarana promosi yang efektif, harus terus di upgrade.’

Pemilihan SMPN 1 Utan sebagai objek tentu memiliki alasan. Sekolah tingkat menengah tersebut merupakan sekolah yang pertama kali yang memiliki media cetak surat kabar atau koran dengan nama SuaraSiswa yang masih eksis hingga saat ini. Media SuaraSiswa tersebut dikelola oleh para siswa-siswi SMP Negeri 1 Utan Sumbawa yang didamping oleh gurunya. ‘Melihat potensi yang dimiliki oleh sekolah ini, saying jika tidak dikembangkan. Kami memberikan arahan dengan sosialisasi strategi pengelolaan serta teknik penulisan feature agar bisa di praktekkan pada media sekolah yang sudah ada.’ Terang Ofi.

Lebih jauh Ofi menjelaskan bahwa dengan kemudahan akses internet, maka media publikasi juga harus menyesuaikan diri. Salah satu dampak dari hal tersebut adalah media yang melakukan konvergensi kedigital untuk menjangkau pembaca atau pengguna media dengan lebih luas.  

‘Selain itu, saat ini tidak hanya media mainstream atau perusahaan yang bisa menyebarkan informasi kepada public. Akan tetapi masyarakat secara umum yang memiliki yang menggunakan media social bisa menyebarkan informasi apa saja di akun media social pribadinya. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai individu atau lembaga dalam menciptakan reputasi yang baik untuk lembaganya. Untuk itu diperlukan strategi yang sesuai dengan target pembacanya.’ Ujar Ofi.

Dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tajuk Sosialisasi Pengelolaan Media Publikasi dan Penulisan Feature di SMP Negeri 1 Utan Sumbawa, Diharapkan para siswa-siswa dapat aktif dalam menulis dengan berbagai tema dan dapat mempublikasi hasil karya mereka melalui media yang tepat. Selain itu para guru dan staf diharapkan dapat mengelola media publikasi sekolah dengan baik untuk menigkatkan reputasi sekolah.

Selanjutnya, diharapkan kepada siswa-siswi membuat media publikasi berbasis internet seperti website untuk mempublikasikan karya mereka atau membuat blog pribadi agar bisa mengasah keterampilan menulis. Dan untuk para guru dan staf diharapkan aktif dalam mengelola media sekolah baik itu website atau official akun media social sekolah.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024