Dosen Sastra Indonesia UTS Luncurkan Buku Bejudul Perempuan Samawa

Sumbawa– Prodi Sastra Indonesia, Universitas Teknologi Sumbawa melaksanakan kegiatan Peluncuran dan Bedah Buku Referensi Perempuan Samawa Karya Jumianti Diana pada hari Rabu, 30 Agustus 2023. Kegiatan tersebut disambut baik oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora tempat program studi Sastra Indonesia bernaung. “Sebagai Dekan Fakultas Psikologi dan Humaniora, saya sudah sempat membaca buku ini dan saya mengapresiasi karya Jumianti Diana ini. Buku ini bisa menambah referensi kita tentang Sumbawa,” kata Roni Hartono, M.Pd. dalam sambutannya.

Peluncuran dan Bedah Buku tersebut dilaksanakan secara luring dan daring. Para peserta yang hadir secara luring bertempat di ruang Multimedia Sumbawa Techno Park (STP), Universitas Teknologi Sumbawa. Para peserta yang hadir secara daring mengikuti kegiatan melalui zoom meeting.

Dalam acara tersebut, penulis buku memberikan paparan mengenai isi dari buku Perempuan Samawa. Jumianti Diana selaku penulis menjelaskan bahwa buku tersebut merupakan hasil dari penelitian  secara mendalam mengenai Perempuan Samawa tentang hubungan bahasa dan gender, bahasa dan kebudayaan serta bahasa dan gender dalam masyarakat samawa.

Buku Perempuan Samawa karya Jumianti Diana dibedah oleh dua orang pembedah. Pembedah pertama adalah Dr. Burhanuddin, M.Hum. yang merupakan Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Mataram. Pembedah kedua adalah  Sukarismanti, M.Pd. merupakan salah satu dosen dari Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Teknologi Sumbawa. Setelah kedua pembedah menyampaikan ulasannya atas karya tersebut, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada penulis buku dan juga kepada kedua pembedah.

Buku “Perempuan Samawa” diharapkan dapat menjadi referensi penting bagi para mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bahasa dan gender dalam masyarakat Samawa.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024