OMTC Adakan Scholarship Sharing Session Bersama Rektor UTS

Sumbawa – “Tuntutlah ilmu setinggi langit” mungkin bukan sekadar peribahasa tetapi juga harapan yang dimiliki setiap orang, yaitu dapat menimba ilmu sebanyak mungkin bahkan sampai tua sekalipun. Hal ini berlaku pula bagi mahasiswa yang sedang atau sudah menyelesaikan studi Strata-1. Selain ikut organisasi, sertifikasi kompetensi atau langsung mencari pekerjaan sesuai bidang yang ditekuni, melanjutkan studi S2 atau bahkan S3. Tentu hal ini menbutuhkan persiapan matang.

UPT Olat Maras Training Center (OMTC) mengadakan Scholarship Sharing Session  “How to be a Successful Candidate for Master & Ph.D Study with Scholarship” bersama Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Chairul Hudaya, Ph,D (15/11/2022). Kegiatan yang dilakukan secara daring via Zoom Meeting ini diikuti oleh mahasiswa sampai pegawai swasta.

Sharing Session kali ini dibawakan secara santai dan ringan. Chairul mengajak peserta mengobrol santai dan berbagi pengalaman sambil memaparkan beberapa tips dan trik menyiapkan CV, proposal penelitian dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa serta manfaat melanjutkan studi S2 dan S3.

“Melanjutkan studi S2 atau S3 punya banyak sekali manfaat. Selain membuka peluang kesempatan berkarir, wawasan, ide-ide bahkan gagasan kita akan jadi lebih luas karena berinteraksi dengan berbagai kalangan yang hebat. Selain itu kita bisa membangun relasi, meningkatkan kepercayaan diri serta mengukur kapasitas diri sendiri. Gelar itu hanya bonus.”

Kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi, inspirasi juga kiat-kiat sukses mendapatkan beasiswa S2 dan S3. Diharapkan dengan adanya kegiatan Scholarship Sharing Session ini, peserta dapat termotivasi untuk mulai mempersiapkan diri dengan mulai menulis dan menerbitkan jurnal atau proposal riset serta menguasai bahasa Inggris.

“Menguasai bahasa Inggris akan membuka kesempatan dan peluang lebih besar untuk menjangkau banyak hal, terutama beasiswa.” ujar Chairul.

Kegiatan sharing session ini diharapkan dapat mendorong peserta untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, wawasan dan kesiapan menjemput kesempatan beasiswa.

Chairul Hudaya merupakan UST Overseas Honorary Ambassador for Indonesia yang mendapat gelar Master of Engineering di Seoul National University – Korea Selatan (2009) dan gelar Ph.D dari University of Science and Technology – Korea Institute of Science and Technology (2016) dengan beasiswa penuh. Semasa kuliah, ia telah mempublikasikan lebih dari 70 artikel ilmiah pada jurnal dan konferensi baik tingkal nasional maupun internasional.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024