Mahasiswa Ilkom UTS juara II Kompetisi Esai Nasional Datanesia.id

UTS, Sumbawa – Datanesia.id menggelar kompetisi Esai, Foto dan Video bagi mahasiswa tahun 2022 secara online. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa dari kampus-kampus di Indonesia bahkan Jepang. Dengan tema besar “Memaknai Keberagaman” ini berhasil menarik minat menulis mahasiswa.

Kompetisi yang diselenggarakan secara online dan diumumkan pada tanggal 7 November kemarin melalui media sosial resmi Datanesia.id. Mengangkat judul “Melihat Keberagaman Sebagai Anugerah Tuhan” Mita Supianti mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa berhasil memperoleh juara II bersama dengan mahasiswa dari Universitas terkemuka di Indonesia yakni Universitas Tidar Magelang dan Universitas Gadjah Mada.

Di tengah maraknya isu intoleransi terhadap sesama manusia, Mita berusaha menemukan sudut pandang mana yang diharapkan bisa menggambarkan sisi positif dari keberagaman. Keberagaman suku,agama,ras,daerah,budaya,fisik bahkan status sosial harus dipandang sebagai sebuah anugerah dari Tuhan. Dalam esai tersebut Mita menekankan bahwa kemajemukan adalah sesuatu yang fitrah. Hal itulah yang mengantarkan Mita untuk menggunakan sudut pandang ketuhanan sebagai guideline dari karyanya.

Mita mengakui bahwa ini adalah kali pertama karyanya dikompetisikan. Mempersiapkan karya dengan riset dan resource yang sesuai dengan sifat penulisan akademis. Setelah karya esai tersubbmit, kemudian melewati proses penilaian oleh juri untuk menjaring 125 karya terbaik, dan di akhir penilaian adalah presentasi esai untuk memperoleh juara 1,2, dan 3.

Aka Kurnia SF, S.Ag, M.Sn selaku Dekan FISIP UTS menyambut baik prestasi ini, “Prestasi mahasiswa tidak harus selalu tentang akademik, bagi kami di fakultas sosial ini adalah prestasi yang membanggakan saat mahasiswa memiliki keberanian untuk bersaing apalagi ini untuk skala Indonesia. Kedepannya akan semakin banyak mahasiswa FISIP yang termotivasi untuk mengikuti kompetisi semacam ini”. (Aks)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024