Pelepasan Mahasiswa MBKM Program Merdeka Batch 7 dan Eureka Batch 2 2023

Pada tanggal 18 September 2023, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi dan Direktorat Riset, Publikasi, dan Inovasi telah melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa semester genap pada Program Merdeka dan Eureka. Kedua program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa semester 5 dan 6 untuk terjun langsung ke desa dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mengembangkan inovasi.

Program Merdeka telah berlangsung sampai batch 7 dari seluruh desa di Kabupaten Sumbawa. Pada kali ini, program Merdeka dilaksanakan di 18 desa, yaitu Desa Labuan Sumbawa, Kerato, Luk, Brang Kolong, Emang Lestari, Kakiang, Labuan Bontong, Sepakat, Gontar, Bale Brang, Tengah, Langam, Berora, Mama, Lopok Beru, Dete, Hijrah, dan Kelungkung. Terdapat 273 mahasiswa yang mengikuti program ini. Dengan terjun langsung ke desa, mahasiswa diharapkan dapat membangun kemitraan dengan masyarakat dan memberikan solusi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Sesuai dengan slogannya adalah membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Ada pun Program Eureka, program yang mengembangkan inovasi dan penelitian mahasiswa yang telah berlangsung sampai batch 2. Terdapat 2 mahasiswa dalam prodi Elektro yang bekerjasama dengan BRIDA NTB. Dengan harapan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam bidang riset dan inovasi.

Program Merdeka dan Eureka memberikan peluang yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman di bidang pengabdian masyarakat dan berinovasi. Selain memberikan manfaat bagi masyarakat, program ini juga memberikan dampak positif bagi perkembangan karir dan masa depan mahasiswa. Diharapkan program ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat dan pembangunan bangsa secara keseluruhan.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024