Guest Lecture UTS Gandeng BRIN Berikan Edukasi Green Technology

Memiliki kesempatan kolaborasi bersama berbagai Praktisi dunia kerja dan industri, baik dari dalam maupun luar negeri tentu mendatangkan berbagai hal positif bagi universitas. Keterlibatan ini tidak hanya memberi insight dalam proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi Mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengaktualisasi diri sesuai kebutuhan dunia kerja tetapi juga secara keseluruhan mendukung pelaksanaan Program MBKM di Perguruan Tinggi. 

Mengimplementasikan berbagai program dalam MBKM, Universitas Teknologi Sumbawa secara aktif terus berupaya menciptakan peluang dengan berbagai pihak, dalam berbagai bentuk kolaborasi atau kerja sama, salah satunya, Praktisi Mengajar bersama perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Pada 27/10/2023 UTS bekerja sama dengan BRIN telah melaksanakan Kuliah Tamu bersama Haznan Abimanyu, Ph.D Kepala Organisasi Riset Pusat Energi dan Manufaktur BRIN dengan materi “Green Technology for Sustainable Future” bersama para Mahasiswa dan Dosen UTS dari berbagai jurusan. Serta pemateri lainnya yaitu, Wirya Sarwana, Ph.D. selaku Direktur Riset dan Inovasi membahas tentang “Clean Energy: Solar Driven Hydrogen Production”. Kegiatan yang diinisiasi oleh Tim Wakil Rektor III dan Direktorat Kerja Sama Dalam Negeri UTS ini berlangsung pukul 14.00 WITA bertempat di Ruang Multimedia, Sumbawa Techno Park. 

“Green Technology menjadi salah satu hal penting jika kita membahas keberlangsungan hidup manusia di masa depan. Kebijakan Transisi Energi Menuju Net Zero Emissions (NZE) merupakan hal yang tengah kita upayakan bersama. Menilik berbagai hal yang menjadi pemicu semakin memburuknya kondisi ‘rumah’ kita hari ini, misalnya dampak emisi GRK (Gas Rumah Kaca) terhadap pemanasan global, hasil riset yang telah dilakukan BRIN sendiri mendukung NZE.” Papar Haznan memulai kuliah dan diskusi bersama peserta. 

Haznan menjelaskan secara ringan bagaimana hal-hal tersebut bersinggungan, lalu berbagai upaya dan program BRIN untuk mendukung NZE serta materi lainnya terkait Green Technology for Sustainable Future.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024