Menyongsong Era 4.0, UTS Siapkan Lulusan Terbaik Elang Muda Sumbawa

CDC @@
Rektor Andy, Pemateri dan Peserta Pembekalan Wisuda Foto Bersama

Career Development Center (CDC) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memberikan pembekalan kepada 300 lebih mahasiswa calon wisudawan dan wisudawati UTS dengan berbagai program pembelajaran dan pelatihan agar siap menghadapi tantangan dunia kerja 4.0, belum lama ini. Rangkaian program pembekalan tersebut diisi dengan sharing knowledge, yang bekerjasama dengan berbagai instansi atau Lembaga terkait. Sharing knowledge atau pembekalan ini menghadirkan beberapa praktisi dari BRI Cabang Sumbawa, Bank BNI Cabang Sumbawa, perusahaan Tambang Amman Mineral, PLN dan RSUD Sumbawa.

Dihari pertamakegiatan panitia menghadirkan pemateri dari Tim BRI Cabang Sumbawa, PKKS Mataram dan Denpasar yaitu, Yudi Suhadi Saputra, Tegar Adi Wicaksono dan Rama Sugandhi, M.Psi, Psikolog. Dihari kedua pemateri dari Tim BNI Cabang Sumbawa dan Kanwil Denpasar yakni, I Putu Astrawan dan Agus Indrawan. Hari ketiga pemateri dari Tim AMNT, Irfan, Psi, MBA, Sunarto Suwito, M.Sc dan Bq. Idayani. Dan dihari terakhir panitia menghadirkan pemateri dari Tim PLN dan RSUD Sumbawa, Galih Febriantoro, Hamzah dan Ilmiyati Zain, M.Psi, Psikolog.

Adapun macam-macam materi yang didapatkan oleh para calon wisudawan pada kegiatan tersebut antara lain tentang, Etos Kerja Industri di era 4.0, tips-tips membuat Riwayat Hidup saat akan melamar kerja serta cara menghadapi Job Interview.

Seperti salahsatu materi yang disampaikan oleh Manager Training Amman Mineral (Sunarto Suwito, M.Sc), menyampaikan materi terkait Etos Kerja Industri. Dalam pemaparannya disampaikan terkait pentingnya sebuah paradigma yang dapat mempengaruhi budaya dan etos kerja. Paradigma mempengaruhi budaya kerja dan etos kerja. Paradigma seseorang dipengaruhi oleh Pengalaman (Experience), kebiasaan-kebiasaan (Habits), Knowledge/Skill (Pengetahuan atau Ketrampilan) dan Lingkungan (Environment).

“sebagai mahasiswa yang nanti akan lulus menghadapi dunia kerja, maka paradigmanya juga harus berubah dimana posisi kita bukan sebagia mahasiwa lagi. Dan hal ini biasanya menjadi tantangan awal pada saat memasuki dunia kerja”, tuturnya.

Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (DR. Andy Tirta, M.Sc), mengucapkan terima kasih kepada semua narasumber yang telah membagikan ilmunya kepada para calon wisudawan UTS. Pasalnya menurut DR. Andy Tirta, kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang luar biasa dan harus dimanfaatkan oleh para calon wisudawan untuk mendapatkan ilmu langsung dari para praktisi yang mungkin belum tentu didapat dari ruang kuliah.

“melalui kegiatan ini kami harapkan agar lulusan UTS mendapatkan bekal yang cukup untuk menghadapi tahap selanjutnya yakni menghadapi dunia kerja, sehingga nantinya mampu bersaing dengan lulusan-lulusan universitas terkemuka di Indonesia”, ungkap Rektor UTS.

Humas & Protokoler UTS

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin