UTS Lakukan Pengabdian Masyarakat di SDN 2 Sumbawa

Kamis, 04/05/2016, SDN 2 Sumbawa mengadakan acara Peresmian website sdn2sumbawa.sch.id yang dirangkaikan dengan Mini Seminar bertajuk “Internet Sehat untuk Sekolah Digital”. Acara ini dihadiri oleh Ketua Komite SDN 2 Sumbawa, Ahmadul Kusasi, SH dan Dekan Fakultas Teknologi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Sugeng Purwanto, M.Sc., serta para wali murid siswa. Dalam sambutannya Erdawaty, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SDN 2 Sumbawa menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan berbagai pihak khususnya UTS dalam mewujudkan program sekolah digital di SDN 2 Sumbawa. Diharapkan dengan adanya website ini, penyampaian informasi antara SDN 2 Sumbawa dengan siswa, alumni maupun masyarakat umum berlangsung dengan cepat.

Lounching website dilakukan oleh Awaluddin Safari, S.H. selaku Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa. Beliau menyambut positif upaya yang dilakukan oleh SDN 2 untuk menyongsong era digitalisasi. “Hari ini, generasi kita tumbuh bersama dengan teknologi, oleh karena itu mari kita bekali mereka dengan ilmu dan fasilitas pendukung agar mampu menggunakannya secara tepat” demikian pesannya.

SDN 2 Sumbawa merupakan sekolah dasar pertama yang telah memiliki website dan infrastrukur jaringan internet dalam mendukung aktivitas pembelajaran dan informasinya untuk menjadi Sekolah Digital pertama di kabupaten Sumbawa. Website dan infrastruktur jaringan internet tersebut merupakan salah satu hasil dari Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa.  Sebagaimana yang disampaikan Dekan Fakultas Teknologi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Sugeng Purwanto, M.Sc bahwa apa yang dilakukan oleh SDN 2 Sumbawa sejalan dengan misi UTS sebagai kampus yang mengedepankan pemanfaatan teknologi di era digital.

SDN2_2

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat yang di Ketuai ibu DR. Anawati, M.Sc sejak 01 Febuari 2016 dan akan berakhir 30 Mei 2016 mendatang, UTS mencoba melakukan beberapa agenda kegiatan yakni Pertama, Kegiatan Sister School, merupakan pelatihan Bahasa Inggris bagi Siswa SDN 2 Sumbawa yang dilaksanakan setiap sabtu siang, dimana Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa melatih dan mengarahkan siswa untuk dapat berpidato dan bercerita dalam bahasa inggris. Kedua, Kegiatan Pelatihan IT, merupakan pelatihan membuat media pembelajaran yang menarik menggunakan Ms. Power Point dan pelatihan menggunakan Ms. Excell untuk mendukung aktivitas laporan akademis, dalam hal ini Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa, khususnya Tim dari Techno Center Fakultas Teknologi Informatika (FTI) yang memberikan pelatihan kepada seluruh guru di SDN 2 Sumbawa.   Ketiga, Kegiatan Pemasangan Infrastruktur Jaringan Internet diseluruh lingkungan SDN 2 Sumbawa dan kegiatan terakhir adalah membangun website sdn2sumbawa.sch.id sekaligus melatih administrator sekolah dalam mengelolah website oleh Tim Techno Center FTI. Serangkaian kegiatan tersebut sepenuhnya di dukung oleh SDN 2 Sumbawa dan Universitas Teknologi Sumbawa.

Selain peresmian website, dilakukan juga kegiatan Mini Seminar. Mini Seminar ditujukan kepada para guru dan orang tua siswa SDN 2 Sumbawa, sebagai bekal dalam Kegiatan Sekolah Digital. Dimoderatori oleh Kaprodi. Teknik Informatika UTS bapak Saiful Khair, M.Si., mini seminar dibuka oleh Narasumber pertama yaitu ibu DR. Anawati, M.Sc (Akademisi dan Praktisi dari Universitas Teknologi Sumbawa) yang menyampaikan Peran Internet dalam Dunia Pendidikan. Narasumber kedua adalah ibu Shinta Esabella,M.TI (Akademisi dari Universitas Teknologi Sumbawa) yang memaparkan langkah Bijak dalam Pemanfaatan Internet.

SDN2_3

Disela acara peresmian website dan mini seminar, tampil pula atraksi siswa Sister School yang menujukan kehebatan mereka dalam Telling Story.(se)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin