Rektor UTS Beberkan Rahasia Menaklukkan Beasiswa Kuliah KeLuar Negeri

Rektor UTS, Bapak Dr. Andy Tirta, M.Eng. berbagi rahasia tips dan trik menaklukkan persyaratan-persyaratan menjadi penerima beasiswa kuliah keluar negeri saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Scholarship dengan tema “Kuliah KeLuar Negeri, SiapaTakut ?” yang diadakan oleh Sahabat Beasiswa Chapter Sumbawa, Minggu, 1 Mei 2016.

Dengan membagi pengalamannya saat menyelesaikan jenjang S2 dan S3nya di Korea, Rektor muda yang pernah menjabat sebagai ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini menyatakan bahwa kuliah keluar negeri sebetulnya proses menuntut ilmu yang menjadi hak kita semua dan akan dapat terwujud melalui banyak program beasiswa yang tersedia. “banyak calon mahasiswa yang menyerah mengejar beasiswa saat fikiran telah dibuntukan dengan persyaratan-persyaratan yang dirasa berada diluar jangkauan kemampuan minat bakat dan lain-lain. Padahal sesungguhnya itu hanyalah blockmind saja, dimana seseorang berserah diri saat tahap awal mencoba. Sebenarnya semua bisa ditaklukkan dengan sedikit perjuangan” terang Pak Boy, panggilan akrab Direktur PT. Rumah Kreasi Asia Mandiri dan mantan Presiden Persatuan Pelajar Indonesia di Korea (PERPIKA) ini.

pake-a

Sebelum berbagi rahasia meraih beasiswa yang diinginkan dihadapan ratusan peserta seminar yang datang dari kalangan mahasiswa dan pelajar Sumbawa dalam seminar yang berlangsung di Wisma Daerah Sumbawa tersebut, Dr. Andy terlebih dahulu memaparkan alasan seseorang untuk kuliah hingga keluar negeri. Bahwa selain bisa melihat dunia, kuliah keluar negeri merupakan kesempatan bagi diri sendiri untuk meraih pendidikan yang lebih menantang, sekaligus sebagai media dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bertemu budaya dan orang baru yang akan menjadi saudara, dan yang paling terpenting adalah sebagai media terbaik untuk mencoba lolos dalam ‘pensaringan’ secara internasional yang dilengkapi dengan foto-foto perjalanannya melanglang buana keberbagai Negara dan banyak pengalaman hidup yang diperolehnya.

Saat motivasi peserta seminar mulai terpacu, Dr. Andy kemudian membeberkan beberapa rahasia penting meraih beasiswa kuliah keluar negeri dengan persiapan-persiapan yang wajib dilakukan oleh pelamar beasiswanya itu pengetahuan dasar tentang kuliah keluar negeri, kemampuan wajib dalam hal penguasaan berbahasa inggris, menghubungi kampus terbaik, ambil formulir pendaftaran dan mengisi aplikasi dengan baik, dan terakhir mencari peluang beasiswanya.

“Bisa jadi, kegagalan bukan disebabkan oleh ketidakmampuan kita, tapi karena persiapan yang kurang baik.” Andy Tirta, PhD.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024