Daftar Beasiswa Dari UTS

A. Program Untuk Mahasiswa

Ada beberapa program beasiswa yang dapat diajukan oleh setiap mahasiswa UTS dalam menyelesaikan studinya di UTS.

 
 

 1.  Beasiswa Panulung

Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kepada mahasiswa UTS yang tidak mampu tapi memiliki daya juang yang tinggi serta berprestasi. Seluruh mahasiswa UTS berhak untuk mengajukan beasiswa ini. Beasiswa diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama dua semester pada tahun ajaran tertentu dan dapat diperpanjang pada tahun ajaran berikutnya. Adapun syarat dan ketentuan untuk mengajukan beasiswa ini adalah :

  1. Mahasiswa aktif UTS yang berasal dari Pulau Sumbawa. Hanya untuk angkatan 2014 dan 2015.
  2. Memiliki semangat juang yang tinggi serta aktif dalam organisasi maupun kegiatan-kegiatan yang diadakan UTS.
  3. Penghasilan maksimum orangtua/wali (gabungan ayah + ibu) adalah Rp. 2.000.000,- atau pendapatan total orangtua/wali dibagi total tanggungan keluarga maksimum adalah Rp. 500.000,-
  4. IPK minimum adalah 3,00
  5. Tidak pernah terlibat dalam tindak pidana yang berkekuatan hukum tetap serta tidak pernah mendapat sanksi dari internal UTS karena melakukan kecurangan / pelanggaran akademik.
  6. Bersedia untuk menjadi mahasiswa teladan yang bisa memberikan contoh baik kepada mahasiswa lainnya dalam hal prestasi, keaktifan, etika, dan kepedulian pada lingkungan.
 
 

Tata cara pendaftaran beasiswa panulung mengikuti prosedur berikut :

  1. Pendaftar mengisi formulir online melalui http://goo.gl/forms/d11US1UVPh (formulir harus diisi lengkap).
  2. Kumpulkan hard copy berkas yang dibutuhkan di lobi rektorat. Adapun berkas yang dibutuhkan adalah :
  3. Foto copy KTM dan KRS
  4. Foto copy KTP atau Kartu Keluarga
  5. Bukti prestasi atau bukti keaktifan di organisasi tertentu (sertifikat, SK pengurus, dll)
  6. Transkrip nilai yang di tandatangani Kaprodi/dekan.
  7. Slip gaji orangtua/wali (ayah dan ibu–dua-duanya) jika orangtua/wali PNS atau karyawan swasta.
  8. Jika orangtua/wali bukan PNS atau karyawan swasta, buatlah Surat pernyataan penghasilan ditandatangani orangtua mengetahui Kepala Desa.
  9. Surat Rekomendasi dari Kaprodi (rekomendasi didasarkan pada ada/tidaknya catatan sanksi atas pelanggaran akademik yang dilakukan mahasiswa tersebut).
  10. Surat pernyataan bersedia menjadi teladan mahasiswa di kampus (dibuat dan ditandatangani oleh pendaftar dengan diketahui sebagai saksi oleh Kaprodi)
  11. Pas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar (warna).
  12. Semua dokumen disusun dalam map berwarna merah. Tuliskan nama dan NIM dalam cover map.
 
 
 

2.  Beasiswa PPA-BBP PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP PPA) merupakan program beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi tapi memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi. Setiap tahun, UTS mendapat kuota puluhan hingga ratusan penerima beasiswa ini dari Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa UTS yang memenuhi syarat berhak untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa PPA – BBP PPA diberikan dalam bentuk bantuan tunai senilai Rp 250.000,- s/d Rp 350.000,- per bulan selama satu tahun akademik. Beasiswa ini disalurkan setiap enam bulan sekali melalui rekening masing-masing penerima beasiswa. Adapun syarat dan ketentuan untuk menerima beasiswa ini adalah :

Syarat Umum :

  1. Mahasiswa aktif UTS angkatan 2014 dan 2015 yang dibuktikan dengan fotocopy KRS dan KTM.
  2. Tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  3. Diprioritaskan bagi yang aktif berorganisasi dan atau memiliki prestasi, baik ko-kurikuler maupun ekstrakulikuler.
  4. Mendapat rekomendasi dari Dekan atau Kaprodi.

Syarat Khusus :

  1. IPK minimal 3.00 bagi pendaftar beasiswa PPA. Sementara IPK minimal untuk pendaftar beasiswa BBP PPA adalah 2.75.
  2. Khusus pendaftar beasiswa BBP PPA, pendaftar harus berasal dari keluarga yang tidak mampu.
 
 

Cara pendaftaran :

  1. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar (formulir dapat diambil di lobi rektorat mulai hari rabu, 20 April 2016).
  2. Melengkapi dokumen-dokumen berikut :
  • Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Fotocopy Kartu Rencana Studi (KRS) terakhir
  • Fotocopy piagam / bukti prestasi lainnya (jika ada)
  • Surat Pernyataan tidak sedang menerima beasiswa lain mengetahui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan SDM
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy transkrip nilai yang disahkan oleh Dekan / Kaprodi
  • Surat Keterangan Penghasilan Orangtua dari instansi tempat bekerja atau Surat Pernyataan Penghasilan Orangtua (bermatrai 6000) bagi yang berwirausaha — (Khusus beasiswa BBP PPA)
  • Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa — (khusus beasiswa BBP PPA).
  • Pas foto 3 x 4 berwarna sebanyak 4 lembar.

3. Menyerahkan formulir yang telah diisi beserta seluruh dokumen kelengkapannya itu paling lambat tanggal 29 April 2016 di lobi rektorat.

4. Pengumuman penerima beasiswa akan dilakukan pada tanggal 5 – 10 Mei 2016.

5. Keputusan tim seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

 
 
 

3.  Beasiswa Bidik Misi

Bidik Misi merupakan singkatan dari Beasiswa Pendidikan Untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kemenristekdikti kepada mahasiswa-mahasiswa diseluruh Indonesia yang miskin namun berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama empat tahun (delapan semester) serta pemberian living allowance (biaya hidup) sebesar Rp 1.000.000,- per bulan selama yang bersangkutan menjalankan studinya di UTS. Seleksi beasiswa ini dilakukan pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

 
 
 

4.  Beasiswa Pertamina Foundation

Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa paling bergengsi di UTS yang diberikan oleh PT. Pertamina secara rutin kepada mahasiswa-mahasiswa UTS yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk bantuan tunai bulanan atau pembebasan biaya kuliah di UTS. Penerima beasiswa ini mendapat kesempatan untuk melakukan aktifitas pengembangan diri melalui organisasi-organisasi paguyuban yang dibuat oleh Pertamina yang pesertanya berasal dari seluruh Indonesia.

 

5.  Beasiswa PT. Taspen

Taspen (Persero) merupakan perusahaan negara yang bertujuan untuk meningkatkan jaminan sosial pegawai negeri di hari tua. Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), PT. Taspen memberikan beasiswa kepada mahasiswa UTS yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat universitas. Beasiswa PT.Taspen diberikan melalui manajemen UTS dan disalurkan ke mahasiswa yang memenuhi syarat dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama dua semester.

 
 
 

6.  Beasiswa PT. NNT

PT. NNT merupakan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia yang beroperasi di Wilayah Pulau Sumbawa. Sebagai komitmen kontribusi untuk Indonesia, khususnya untuk wilayah Pulau Sumbawa, PT. NNT secara rutin memberikan beasiswa pendidikan kepada UTS untuk membantu mahasiswa-mahasiswa UTS dalam menyelesaikan studinya dengan baik. Beasiswa ini disalurkan PT. NNT melalui UTS dan diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama satu tahun akademik.

 

7.  Beasiswa Bank Jawa Barat – Banten (BJB)

BJB adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbesar di Indonesia yang turut serta berkontribusi membangun Indonesia dari timur dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa UTS yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Seleksi penerima beasiswa ini dilakukan pada saat proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Beasiswa ini ditujukan hanya untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.

 
 
 

8.  Beasiswa PT. Adaro Energy

Adaro adalah kelompok perusahaan energi di Indonesia yang berfokus pada bisnis pertambangan batubara yang terintegrasi melalui anak-anak perusahaan. PT. Adaro Energy berkomitmen untuk mendukung kemajuan bangsa dengan memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa UTS yang berprestasi dan punya semangat juang tinggi. Beasiswa dari PT. Adaro diberikan melalui manajemen UTS dan disalurkan kepada mahasiswa yang lolos seleksi dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama dua semester.

 

9.  Beasiswa Rabasa

Rabasa adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang sosial kemasayarakatan dan berbasis di Kabupaten Sumbawa. Rabasa secara rutin memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa UTS asal sumbawa untuk mendukung upaya pembangunan manusia di Kabupaten Sumbawa. Beasiswa ini didistribusikan melalui UTS untuk keperluan biaya pendidikan selama dua semester. Sasaran utama beasiswa ini adalah mahasiswa yang miskin namun berprestasi.

 
 
 

10.  Beasiswa “Go East Young Man”

“Go east young man” merupakan seruan kepada pemuda-pemuda terbaik bangsa untuk membangun Indonesia dari timur, khususnya dari Sumbawa. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah dan pemberian biaya hidup bulanan kepada mahasiswa – mahasiswa terpilih tersebut. Sasaran dari beasiswa ini adalah calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Kehadiran mahasiswa dari seluruh Indonesia selain Sumbawa ini penting untuk mendorong proses akulturasi budaya, kemampuan berfikir terbuka, dan membangun kesepahaman dalam toleransi berbudaya. Seleksi beasiswa ini dilakukan pada saat proses seleksi penerimaan mahasiswa baru UTS.

 

11.  Beasiswa PGN (Perusahaan Gas Negara)

Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan salah satu perusahaan energi milik negara yang berfokus pada ekstraksi energi gas. PT. PGN (Persero) memberikan beasiswa kepada mahasiswa UTS yang memenuhi kualifikasi selama dua semester. Beasiswa ini diberikan melalui manajeman UTS dan disalurkan oleh UTS kepada mahasiswa yang memenuhi syarat dan lolos seleksi.

 
 
 

12.  Beasiswa Bank NTB

Bank NTB adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) milik Pemerintah Provinsi NTB. Bank NTB secara rutin memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa UTS yang berprestasi dan tidak mampu. Beasiswa diberikan melalui manajemen UTS dan disalurkan kepada mahasiswa yang berhak dengan cara pembebasan biaya kuliah selama dua semester kepada mahasiswa yang terpilih.

 

13.  Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik UTS

Bahwa dalam rangka memepertahankan proses belajar mengajar mahasiswa, terutama ditujukan kepada mahasiswa berprestasi, Universitas Teknologi Sumbawa memberikan Beasiswa bebas uang pangkal dan kuliah selama empat tahun kepada siswa-siswi berprestasi di Kabupaten Sumbawa yang berhasil meraih nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) tertinggi.

Beasiswa yang diberikan terbatas untuk tiga orang siswa-siswi berprestasi di Kabupaten Sumbawa dengan nilai UAN tertinggi ini tertuang dalam Keputusan Rektor  Universitas Teknologi UTS Nomor : 78 / UTS / SK / V / 2016 tentang Penerimaan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Bantuan Belajar Mahasiswa Unuversitas Teknologi Sumbawa Tahun 2016.

Bahwa dengan pertimbangan-pertimbangan dimana mahasiswa yang berprestasi dan memenuhi syarat untuk diberikan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Bantuan Belajar Mahasiswa Tahun 2016 ini tidak hanya diberikan kepada siswa-siswi dengan nilai UAN terbaik di Kabupaten Sumbawa. Keputusan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dr. Andy Tirta, M.Sc tertanggal 16 Mei 2016 tersebut juga memberikan Beasiswa kepada anak dari karyawan yang berada dalam naungan Yayasan Dea Mas berupa beasiswa bebas uang pangkal dan potongan biaya kuliah sebesar 75% dan kepada staf karyawan UTS berupa beasiswa bebas uang pangkal dan potongan biaya kuliah sebesar 85%.

.

 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024