Ajukan Solusi Peningkatan Produksi Udang, UTS Lolos Jadi Finalis PIMNAS Ke-29

Berharap mampu membantu pemerintah dalam rangka mengembalikan popularitas komoditas ekspor udang yang pernah menempati posisi lima besar dalam komoditas ekspor non migas dan mencapai 50% dari seluruh ekspor perikanan Indonesia pada tahun 2011 lalu, satu tim dari Universitas Teknologi Sumbawa mencoba mengajukan penawaran solusi terhadap penyebab utama penurunan produksi komoditas udang Indonesia yang menyebabkan posisi ekspor Indonesia kini berada diurutan 16 yang artinya ekspor produksi udang Indonesia menurun hingga 50% dari prestasi pada tahun 2011 dimana penyebab utamanya adalah penyakit.

Adalah penyakit Vibrosis menjadi penyebab utama kematian pada udang dimana dunia termasuk Indonesia pernah menggunakan antibiotik dan bahan-bahan kimia untuk dijadikan obat yang justru menyebabkan permasalahan baru dikarenakan penggunaan yang tidak tepat mengakibatkan resistennya bakteri dimana residu antibiotik pada udang menyebabkan alergi dan toksisitas pada konsumen.

Menawarkan penggunaan tanaman kiriyuh yang dapat berfungsi sebagai anti virus dan anti bakteri juga tanaman sirih yang berfungsi sebagai zat antiseptik sebagai solusi menghambat pertumbuhan vibrio sp yang menyebabkan kematian pada udang. Penelitian tiga orang mahasiswa dari Fakultas Bioteknologi UTS angkatan tahun 2013 tentang pengaruh kombinasi antara ekstrak daun kiriyuh sebagai anti bakteri dan ekstrak daun sirih sebagai antiseptik terhadap penurunan produksi udang akibat penyakit vibrio sp ini menjadikan Yulianti, Yunianti dan Asmawati sebagai salah satu fhinalis dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang ke-29.

Berlangsung mulai tanggal 8 sampai 12 Agustus 2016 di kampus IPB Bogor, kompetisi paling bergengsi yang diikuti oleh tidak kurang dari 2000 mahasiswa dari seluruh Indonesia ini menjadikan UTS sebagai kampus yang terbukti mampu bersaing diusianya yang baru saja memasuki tahun keempat. Bersama Universitas Mataram, UTS menjadi satu-satunya kampus termuda dari Indonesia Timur yang berhasil lolos sebagai salah satu fhinalis dari ajang nasional paling bergengsi untuk mahasiswa terbaik Indonesia.

IMG-20160809-WA0006

Tanpa menciutkan semangat kompetisi mahasiswanya, dosen pembimbing sekaligus Dekan Fakultas Bioteknologi UTS, Andi Baso Manguntungi, S.Si., M.Si berharap ketiga mahasiswanya yang lolos nantinya akan menjadi agen perubah di masyarakat dan mampu menyelesaikan permasalahan lokal, nasional, bahkan dunia dan menjadikan keterampilan yang mereka peroleh selama kuliah bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadi peneliti muda yang akan mengabdikan diri dan ilmunya untuk perubahan besar bagi Tana Samawa.

Menang kalah akan teruji seiring peningkatan kualitas diri mahasiswa yang tentunya akan terus dilakukan UTS. Berbagai upaya mulai dari terus melakukan pembangunan fisik, penyediaan dosen-dosen berkualitas bagus, termasuk keberhasilan tim UTS sebagai salah satu fhinalis PKM ditingkat nasional bagi Rektor UTS, Dr. Andy Tirta Phd dipandang juga sebagai upaya civitas UTS untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. “mengikuti kompetisi bahkan lolos menjadi finalis tingkat nasional selain memberi peluang bagi mahasiswa UTS untuk bersilaturahim dengan seluruh mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia, sekaligus untuk menempa mental mahasiswa yang berkesempatan bersaing setingkat dengan kampus-kampus besar ternama di Indonesia”.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024