Konjen AS Resmikan American Shelf Pertama Bali-Nusra di UTS

Pemotongan pita peresmian Amshelf oleh Rektor UTS dan Humas Konjen Amerika
Pemotongan pita peresmian Amshelf oleh Rektor UTS dan Humas Konjen Amerika
Batu Alang (19/05/2017)

Sumbawa patut berbangga dengan peresmian American Shelf oleh Konsulat Jendral Amerika Serikat cabang Surabaya yang digagas Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Bahasa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Pasalnya, ini merupakan American Shelf pertama di Bali dan Nusa Tenggara sekaligus cikal bakal terbentuknya American Corner di UTS sebagai bentuk kerjasama bilateral di geografic fokus area seperti Sumbawa.

Christine G. Voughan dalam sambutannya di Aula UTS, Jumat (19/05) mengungkapkan tujuan pendirian dan keberadaan American Shelf di Sumbawa akan menjadi titik awal pertukaran budaya dan informasi antara Amerika Serikat dan Indonesia baik ilmu pengetahuan maupun informasi tentang pendidikan di Amerika Serikat.

“Kita akan berbagi tentang kehidupan Amerika Serikat baik dari segi budaya, pendidikan, sampai dengan film. Kami juga akan belajar tentang Indonesia sehingga akan ada pertukaran informasi antar dua belah pihak. Semua itu akan dilaporkan ke kantor pusat.” Tutur Bule yang sudah tinggal di Indonesia selama 10 bulan tersebut.

Rektor UTS Dr. Andy Tirta berharap American Shelf nantinya dapat memberikan akses kepada semua pihak sebagai media belajar dan mampu menjadi sarana untuk meningkatkan kajian-kajian keilmuan.

“Ruangan tersebut akan menjadi English Zone, sarana Improvin English, dan diharapkan aktif melakukan kajian-kajian bahasa dan sastra. Klub-klub bahasa lain juga bisa menggunakan ruangan tersebut, dan akan menjadi sekertariat untuk “International Office UTS”.

DSCN2189_resized_3American Shelf merupakan representasi dari partnership/kerjasama antara Kedutaan Amerika Serikat dan universitas-universitas di Indonesia. Universitas Teknologi Sumbawa mendapatkan kepercayaan yang berharga ini sebagai universitas pertama di Bali dan Nusa Tenggara yang membuka American Shelf.

Menurut representatif dari konsulat jenderal Amerika Surabaya yang juga merupakan kepala humas konsulat, Christine G. Vaughan, ada 2 hal utama yg menjadikan UTS terpilih sebagai universitas di Bali Nusra yang membuka American Shelf. Pertama, UTS merupakan kampus muda namun dengan banyak prestasi yang sudah diraih. Kedua, UTS memiliki tenaga pengajar akademik yang berusia muda dan energetik sebagai sumber daya manusia universitas. Dengan pembukaan American Shelf, diharapkan bisa lebih mendukung dalam memfasilitasi pengembangan Universitas Teknologi Sumbawa.

KUPT Pusat Bahasa UTS Wirentake mengungkapkan keberadaan American Shelf sangat bermanfaat untuk masyarakat, mahasiswa, dosen, dan civitas akademika yang tertarik mempelajari Amerika lebih detail. “Jika ada program yang diselenggarakan oleh U.S Embassy tentu informasinya akan langsung kita dapatkan. Akan ada informasi tentang pertukaran pelajar, lanjut studi program studi S2 dan S3, tentu informasi semacam itu sangat kita butuhkan untuk mengembangkan kemampuan diri.” tuturnya.

American Shelf menyediakan akses informasi yang akurat, terpercaya dan terbaru tentang kehidupan sosial, pendidikan, budaya, ekonomi di Amerika Serikat melalui koleksi buku, majalah, jurnal, CD-ROMs, DVD dan akses ke internet dan program2 lokal. Konsulat Amerika.juga menghadiahkan media elektronik: beberapa iPad dan Mac Pc. (*a/n)

humas.pr.uts@gmail.com

Rapat Kerja Tahunan UTS 2024, “Kita Siap Wujudkan Lebih Banyak Mimpi” 

Universitas Teknologi Sumbawa telah menggelar Rapat Kerja Tahunan 2024 pada...

Read MoreMaret 25, 2024

FITH UTS Teken MoU Dengan Lombok Wildlife Park, Siap Dukung Kesejahteraan Satwa Luar Habitat Asli

Pada 15 Maret 2024, UTS melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi...

Read MoreMaret 25, 2024

Membanggakan! UTS Kembali Sukses Gelar Penanaman 4000 Mangrove Batch 2

Pada hari Minggu tanggal 3 Maret 2024, Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreMaret 25, 2024

Kolaborasi Youthtopia dan UTS dalam Program Island to Island Indonesia Roadshow 2024

Youthtopia sebagai sebuah community centric platform dengan edukasi sebagai inti...

Read MoreMaret 25, 2024