Lantung Siap Jadi Laboratorium Alam UTS

DSCN3459Warek IV UTS bersama Camat Lantung dan Sambava

Batu Alang (09/09/2017)

Camat Lantung, Iwan Sofian mengharapkan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadikan Kecamatan Lantung sebagai laboratorium alam untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang dilakukan civitas akademikanya sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) Sumbawa. Ini diungkapkan saat kunjungan Wakil Rektor IV UTS bidang kerjasama dan pengabdian masyarakat Iqbal Sanggo bersama tim Sambava di wilayahnya, Jumat (8/09) lalu.

Kecamatan Lantung yang saat ini sedang digalakkan penuh menuju kecamatan wisata percontohan, diharuskan menghadirkan wujud desa ideal sebagai bentuk keseriusannya. Sebab itu, Iwan mengungkapkan, dengan terlibatnya UTS dan Sambava pada proses pengembangan dan pembangunan di Kecamatan Lantung diharapkan mampu memberikan konsep-konsep baru untuk direalisasikan.

“Keterlibatan perguruan tinggi akan memudahkan jalurnya. Keyakinan kami hari ini, jika mau berproses maka akan ada perubahan.” tukasnya Camat ramah dan berwibawa tersebut.

DSCN3455

Penyerahan Cinderamata kepada Camat Lantung oleh UTS

Hal serupa juga diutarakan Wakil Rektor IV UTS Iqbal Sanggo saat memberikan tanggapan dengan berjanji mengikat civitas academica UTS untuk memanfaatkan basis keilmuan setiap program studi agar terjun langsung memberikan andil pada setiap sektor pariwisata yang ingin dikembangkan Lantung.

“Kehadiran UTS nanti diharapkan mempertajam apa yang bisa dikolaborasikan dengan Lantung, sehingga ada regulasi sentris antar kedua pihak.” Tegas Warek yang juga dikenal sebagai seniman itu.

Kehadiran perangkat desa dan ketua adat, dan pemuka masyarakat pada kunjungan pertama tersebut, juga menghasilkan point-point penting yang bisa diterapkan di lini tiap pihak yang akan disahkan dengan Memorandum of Understanding (MoU). Lebih lanjut, pertemuan juga membahas persiapan dan bentuk real dari Festival Lantung Syahdu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Masih menurut Iqbal, festival tersebut nantinya haruslah menonjolkan pemuda sebagai pelaksana, Kecamatan Lantung sebagai penggagas sehingga tidak lagi identik pemerintahan saja yang mampu menggelar event besar seperti itu. Selain itu, ia juga menekankan agar festival nantinya mampu menunjukkan identitas budaya dan adat istiadat yang selama ini sudah digalakkan oleh Kecamatan Lantung sebagai Desa Wisata.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin