Dubes RI untuk Rusia Siap Dukung Program NTB Gemilang

Dubes 3

Rombongan dari Universitas Teknologi Sumbawa yang dipimpin langsung oleh DR. Andy Tirta M.Sc., selaku Rektor UTS berkesempatan berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Moscow, Rusia.

Setibanya di kantor KBRI yang ditemani oleh Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Moskow, Ade Irma Elvira. Rombongan disambut hangat oleh Sekertaris I Pensosbud, Enjay Diana. Setelah memberikan pengantar, rombongan dipersilahkan ke ruangan Duta Besar RI untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi, sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan seminggu sebelum rombongan tiba di Moscow.

Duta Besar RI untuk Rusia yang ternyata baru saja mendapatkan gelar Honarary Professor dari Tomsk State University di Siberia-Rusia  serta Rekor MURI untuk kegiatan Festival Indonesia ini, ternyata juga sangat concern dengan dunia pendidikan, sehingga kedatangan rombongan UTS sesuai dengan misi Pendidikannya. Dirinya juga terkesan ketika mengetahui bahwa rombongan UTS menjalin kerjasama penelitian dan MoU dengan Moscow State University (MSU). Pasalnya MSU adalah universitas terbaik di Rusia dan masuk ranking 84 dunia.

“Saya berharap ada banyak orang Indonesia bisa mengambil studi S2-S3 nya di Rusia, karena kualitasnya yang tidak kalah dengan Amerika dan Eropa”, katanya.

Dubes 1

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa point penting yang sampaikan antara lain, Dubes RI untuk Rusia sangat mendukung UTS dan NTB untuk menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di Rusia. Hal ini dikarenakan banyak kampus-kampus, terutama yang berbasis teknologi adalah kampus dengan fasilitas dan mutu yang bagus bahkan sangat baik. Di antaranya termasuk yang berkembang adalah tentang pertanian, pertambangan, bioteknologi dan juga permesinan.

Dan M. Wahid Supriyadi juga akan membantu komunikasi dengan pihak Kedubes Rusia di Jakarta untuk menjalin kerjasama ini dengan Pemerintah NTB, karena adanya program yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi, NTB akan diusahakan untuk masuk dalam prioritas penerimaan mahsiswa Master dan PhD, rombongan dari UTS juga akan diberikan jalur komunikasi khusus dengan wakil Rektor salah satu universitas di Siberia, Rusia yang fokus untuk dunia pertambangan, mengingat potensi pertambangan di Sumbawa-NTB yang tinggi, Dubes RI untuk Rusia sangat antusias untuk berkunjung ke NTB dan membicarakan hal ini dengan Gubernur NTB termasuk mengajak Gubernur NTB untuk berkunjung ke Rusia untuk mempromosikan wisata ataupun peluang kerjasama dengan pihak Rusia, serta Dubes RI Moscow, Risia juga akan mengunjungi UTS.

Humas & Protokoler UTS

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024