Penandatanganan MoU Secara Virtual Antara UTS Dengan Cademix Institute of Technology, Vienna, Austria


Selasa, 23/03/2021 telah dilaksanakan Penandatanganan MoU secara virtual antara UTS dengan Cademix Institute of Technology, Vienna, Austria. Cademix Institute of Technology adalah Institut pengembangan dan inovasi penelitian, yang menawarkan siklus inovasi terbuka dan penuh di bidang teknologi berbantuan komputer. Cademix adalah satu konsorsium dengan 6 sektor bisnis yang terkait dengan Teknologi Tinggi dan Desain Berbantuan Komputer, Teknik, Manufaktur, dan Media campuran yang berpusat di Vienna, Austria. Program Cademix seperti program pendidikan dan pelatihan, pusat pengembangan karier dan startup, layanan dan konsultasi teknik, studio animasi dan simulasi, serta pemasaran digital dan sejenisnya.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D dengan Dr. Javad Zarbakhsh President of Cademix Institute of Technology. Turut hadir dalam pertemuan virtual tersebut Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Nurul Izzati, S.Si., M.Sc, Direktur Direktorat Kerjasama Luar Negeri UTS Ery Sofiatry, M.Sc, dan Kepala Humas dan Protokoler UTS Mila Hidayatullah, S.IP., M.M.Inov.

Terjalinnya kerjasama antara UTS dengan Cademix bermula sejak tahun 2020 lalu, saat itu Cademix sedang mencari partner dari Indonesia untuk menjalankan beberapa program terkait koor bisnis mereka dibidang keteknikan. Hingga dijumpailah UTS sebagai salah satu kampus teknik yang ada di timur Indonesia. Dipilihnya UTS sendiri adalah karena ‘achievment mahasiswa’ yang telah diraih sejauh ini, sepak terjang UTS seperti prestasi internasional, student exchange, pemagangan internasional dan lainnya. Selain itu juga, karena kiprah UTS yang beberapa kali terlibat dalam event international pun kerjasama internasional. Seiring yang disampaikan oleh Dr. Javad dalam sambutan virtualnya.

Perjanjian kerjasama tersebut berisi beberapa hal, diantaranya UTS dan Cademix Institute of Technology sepakat untuk memberikan workshop/training kepada alumni dan mahasiswa UTS yang akan membantu meningkatkan kemampuan mereka sesuai bidang keilmuan (teknik), mempromosikan alumni dan mahasiswa UTS untuk dapat diterima bekerja atau magang di perusahan Eropa (khusus Teknik dan MIPA), memfasilitasi pertukaran staf/dosen ke Eropa.

Selain itu, pihak Cademix sepakat ketika ada sivitas akademika UTS baik alumni atau mahasiswa yang komitmen untuk magang atau bekerja di Eropa tetapi masih belum memenuhi persyaratan atau standar, maka Cademix secara konsisten akan memberikan pelatihan penuh untuk ketercapaian tersebut.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya memperkenalkan UTS secara khusus dan Indonesia pada umumnya kepada Dr. Javad. Rektor UTS memberikan apresiasi atas terjalinnya kerjasama ini. “Kami memyambut baik hal ini, terkait fasilitasi yang akan dilakukan oleh Cademix bagi sivitas UTS. Kami berharap kedepan akan ada kegiatan kongkrit sebagai implementasi dari isi MoU yang telah ditandatangani tersebut. UTS merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan ini.” Tutur Chairul Hudaya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin