Tim UTS Lolos Hibah Pendanaan INSINAS 2021

Tim UTS lolos hibah pendanaan Program Intensif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang
Penguatan Riset dan Pengembangan
Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional-RI. Diketuai oleh Ahmad Jaya, M.T dengan anggota Indra Darmawan, M.Eng, Titi Andriani, M.T, dan Muhammad Hidayatullah, M.Sc dengan judul Rancang Bangun Steam Boiler Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) Berbahan Bakar Tongkol Jagung Untuk Mensukseskan Daerah Mandiri Energi, ini adalah kali kedua Tim UTS menerima pendanaan Program INSINAS setelah di tahun 2020.

“Rancang bangun Steam Boiler Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) ini menjadi salah satu upaya nyata untuk menggunakan sumber daya lokal berupa pemanfaatan limbah tongkol jagung yang banyak tersedia tetapi belum dimanfaatkan secara optimal dan bisa menjadi salah satu sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan karena merupakan energi baru dan terbarukan sehingga menjadi daerah mandiri energi. Ini menjadi alasan mengapa kami mengambil cakupan riset tersebut.” Tutur Ahmad Jaya.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para dosen UTS yang telah berhasil lolos pada program INSINAS. “Selamat kepada Pak Jaya dan tim. Ini bisa menjadi motivasi bagi sivitas UTS lainnya. Pemanfaatan energi yang renewable perlu dilakukan seoptimal mungkin, karena Nusa Tenggara Barat (NTB) terutama Kabupaten Sumbawa, memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah, tetapi belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Semoga riset ini dapat bermanfaat tentunya untuk masyarakat.” Pungkas Chairul.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin