Teken kerjasama UTS dan Kesbangpol NTB untuk Realisasi Desa Bersinar

Desa Bersinar merupakan salah satu program unggulan dari pemerintah pusat yang diturunkan ke setiap provinsi dan kabupaten untuk memasivkan gerakan Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Pada tataran daerah, maka Badan Kesbangpol memainkan peranan penting dalam mengedukasi dan mendampingi desa untuk urusan bersih narkoba, pun Perguruan Tinggi sebagai sentra pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk memaksimalkan peran tersebut, maka sinkronisasi program ke dalam aktifitas atau agenda yang dimiliki oleh perguruan tinggi menjadi salah satu strategi penerapannya. Universitas Teknologi Sumbawa dan Bakesbangpol NTB telah menjajaki peluang kolaborasi ini cukup intens dalam rangka menyamakan persepsi dan gerak penerapan Desa Bersinar untuk masuk ke desa desa secara masiv melalui Program Merdeka yqng merupakan pengejewantahan Merdeka Belajr Kampus Merdeka (MBKM). Tentunya melalui pendekatan perkuliahan yang dipraktekkan di desa, edukasi desa bersinar harapannya bisa lebih smooth (mulus) dan orientasi yang diinginkan dapat diwujudkan. Kolaborasi ini selanjutnya dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama antara UTS dan Bakesbangpol NTB yang ditandatangani pada Kamis (14/10/2021) di kantor Bakesbangpol NTB.
Kepala Badan Pak Lalu Abdul Wahid yang hadir untuk teken PKS dibersamai oleh Sekban Pak ahmad Yani dan Kabid Ekososbud yang mengkoordinir terlaksananya PKS ini yaitu Pak Supri Karyadi bersama tim Bakesbangpol lainnya. Pak Kaban selanjutnya menyampaikan bahwa tanggungjawab kesbangpol ini besar di daerah kita karena yang kita siapkan adalah iklimnya, terbentuknya budaya masyarakat yang pada dasarnya tidak bisa dilihat secara kasat mata dan tidak bisa instan. Makanya kita perlu terus edukasi, dampingi secara bertahap terutama terkait dengan masalah narkoba yang saat ini sudah masuk ke desa desa kita. Strateginya yang kita ramu sekarang ini dengan melatih warga sebagai kepanjangan tim kesbangbol di tiap desa untuk memberikan edukasi dan pendampingan yg bertujuan untuk upaya preventifnya (pencegahan) dan rehabilitasi (penanganan) serta kegiatan pemberdayaan (pasca). Pernyataan ini disambut baik oleh Wakil Rektor III UTS yang hadir untuk meneken perjanjian desa Bersinar dalam program merdeka yang akan segera running di desa. Bpk Khotibul Umam menyampaikan bahwa kerja bersama ini perlu. Bukan masanya lagi kami di universitas bekerja sendiri tetapi selalu akan kami gandeng mitra terkait dari manapun itu untuk bersama sama membnagun daerah kita. Desa Bersinar yang akan sinergi dalam Program Merdeka kami di UTS akan sangat powerfull sekali karena mahasiswa yang turun ke desa selama satu semester akan sekaligus menjadi  agen perubahan yang menstimulus kegiatan kegiatan positif di desa dalam bidang peningkatan ekonomi masyarakat, edukasi terkait pencegahan narkoba, pendampingan digitalisasi desa dan banyak lagi lainnya yang merupakan realisasi dari perkuliahan mereka di kampus. Tentu kita berharap kolaborasi ini akan memberikan output sesuai yang kita harapkan dan menjadi rekomendasi ke depannya dalam program program pemerintah kita dalam membangun daerah.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024