LOLOS PKM UTS RANGKING 1 LLDIKTI VIII

Universitas Teknologi Sumbawa menjadi perguruan tinggi dengan raihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII dengan berhasil meloloskan 4 proposal pendanaan PKM 8 Bidang.

Sebagai informasi, PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 di bawah pengelolaan Belmawa.

PKM bertujuan menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kemendikbud Ristek.

UTS menyabet 4 proposal pendanaan di 2 kategori bidang PKM 2022, antara lain; bidang Penerapan Iptek (PI) meloloskan 3 proposal pendanaan dengan dosen pembimbing Mietra Anggara MT. & Sopyan Ali Rohman M. Eng dengan judul proposal Mesin Pengering Otomatis menggunakan Sistem Kontrol Arduino ATmega 328 dan Gas LPG,
Mesin Pengering Rengginang Otomatis Menggunakan Arduino ATmega Berbasis Internet of Things (LoT) dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha, dan Mesin Pengering Kerupuk Rumput Laut Otomatis Berbasis Arduino Menggunakan Sensor DHT11. Lalu bidang Riset Sosial Humaniora (RSH) 1 proposal pendanaan dengan dosen pembimbing Rudi Masniadi M.E. dengan judul Leading Sector Perekonomian Kebupaten Sumbawa: Langkah awal Menuju pertumbuhan ekonomi yang komperhensif (Analisis Tipologi Klassen).

Direktorat Kemahasiswaan & Alumni, khususnya Subdirektorat Penalaran Minat&Bakat mrg. Putri Indah Kencana mengungkapkan, pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa yang dimiliki UTS dari hasil kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa meskipun pencapaian tahun ini menurun dibanding tahun 2021. Akan tetapi pencapaian tahun ini tetap harus di syukuri dimana kuota proposal pendanaan PKM dari Belmawa sendiri mengalami pengurangan, dimana tahun 2021 ada sekitar 3000 proposal yg lolos pendanaan tahun 2022 hanya setengahnya saja.
“Alhamdulillah, UTS masih tetap berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek pada program Kreativitas Mahasiswa. Program ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas mahasiswa.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D menyampaikan selamat dan dukungan kepada para dosen pembimbing dan juga mahasiswa yang telah berhasil lolos. Semoga semakin banyak mahasiswa yang mencoba mengikuti kegiatan positif semacam ini, sehingga akan membangun jiwa kompetitif para Elang Muda untuk terus mengembangkan diri.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024