BNPT dan UTS Kerjasama Bentuk KTN dan Warung NKRI

Bupati Sumbawa, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. Hasan Basri, MM., menghadiri Soft Opening Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) dan Peresmian Warung NKRI di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, Senin pagi (27/6), bertempat di Ruang Publik Kreatif Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS).
 
Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI yang pertama di NTB ini, diresmikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, didampingi Gubernur NTB, Sekda Sumbawa, dan Rektor UTS.
 
KTN, merupakan salah satu program pendekatan lunak BNPT yang mengedepankan aspek kesejahteraan, dengan memberikan fasilitas kepada mitra deradikalisasi, penyintas, dan masyarakat untuk mengembangkan produktivitas ekonomi.
 
Boy Rafli sangat mengapresiasi UTS, atas kesediaan kerjasamanya dengan BNPT untuk dijadikan KTN dan dibangunnya Warung NKRI. KTN sebutnya, merupakan sarana reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi agar memiliki kemandirian ekonomi. Dalam jangka panjang, ungkapnya, kawasan tersebut diharapkan mampu mencegah radikalisme dan terorisme melalui transformasi mindset.
“KTN merupakan upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan, kolaborasi dan sinergi diperlukan sebagai bentuk negara hadir dalam upaya penanggulangan terorisme,” tambah Boy Rafli.
 
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimasyah mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNPT, yang sudah menyematkan UTS sebagai agenda bersama dalam memberantas terorisme. Dr. Zul mengaku prihatin, karena masih ada segelintir orang yang menjadi korban pemahaman yang keliru terhadap agamanya. “Semoga kita mampu mencegah hal-hal yang akan merugikan dan merusak tatanan kehidupan kita,” imbuhnya.
 
Sementara Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan Sekda, sangat mengapresiasi Kepala BNPT RI dan jajaran, atas diresmikannya Kawasan Terpadu Nusantara dan Warung NKRI di Kabupaten Sumbawa.
 
“Semoga melalui peresmian KTN dan Warung NKRI ini, dapat memberikan dampak yang nyata dalam upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa”, pungkasnya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024