Capital Market Competition (CMC) UTS 2022

Capital Market Competition (CMC) 2022 yang diinisiasi oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS sukses digelar pada Senin, 5 September 2022. CMC adalah bentuk keberlanjutan dari Program Galeri Investasi Burse Efek Indonesia (BEI) NTB, merupakan ajang kompetisi terkait pasar modal yang bertujuan untuk memperkenalkan pasar modal kepada masyarakat umum dan pelajar SMA/SMK sederajat pada khususnya, dimana melalui kompetisi ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk beradu wawasan mengenai pasar modal bagi pelajar.
Acara yang digelar di Ruang Publik Kreatif (RPK) UTS tersebut diikuti oleh puluhan tim dari masing-masing sekolah.

Rangkaian dari CMC sendiri telah dimulai sejak Agustus lalu, dimana kompetisi ini masuk dalam program kerja bidang minat dan bakat dari Management Student Society (MSS) UTS. Pra CMC ditandai dengan diadakannya pelatihan yang diarrange langsung oleh MSS meliputi berbagai materi diantaranya pengenalan pasar modal dan instrumen investasi, lembaga – lembaga pasar modal, macam-macam investasi, lalu analisis ekonomi makro, dan analisis fundamental terkait pasar modal.

Hadir dalam pembukaan Capital Market Competition (CMC) 2022 diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa Nasrullah Darwis, S.Pd,.M.Pd, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Sherwin Ary Busman, M.M, Dekan FEB UTS M. Nurjihadi, M.Si, Ketua Prodi Manajemen Muhammad Nur Fietroh, M.Sc, Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UTS Mustaram, S.Kom, dan seluruh perwakilan Ormawa FEB UTS.

Dalam Sambutannya Rektor UTS Chairul Hudaya Ph.D, memberikan wejangan dan semangat kepada para pelajar yang mengikuti kompetisi. “Menciptakan jiwa kompetisi yang sportif dan dinamis bagi pelajar merupakan sesuatu yang sangat perlu dilakukan, dan melalui kompetisi semacam ini contohnya. Kami sangat mengapresiasi bapak/ibu guru yang tetap semangat dalam membimbing dan mendukung anak-anaknya untuk terlibat dalam beragam kompetisi. Kami harap melalui CMC kita dapat menemukan bakat-bakat bersinar dari anak-anak kita dibidang ekonomi. Apresiasi juga kepada Prodi Manajemen yang telah memberikan usaha maksimal demi terselenggaranya event ini. Lebih penting, melalui perlombaan ini anak-anak kita bisa membangun hubungan baik dengan rekan-rekan sejawatnya, belajar bersama, berkompetisi bersama. Selamat dan sukses bagi anak-anak ku sekalian.” Tutur Rektor.

Setelah melewati babak penyisihan, sebanyak 21 tim berhasil menuju ke Babak Analisis Saham, dimana pada tahap ini mereka akan mendapatkan undian nama perusahaan dan harus mempresentasikan analisis saham dari perusahaan tersebut dihadapan para juri.
Setelah melalui proses presentasi, ada 9 sekolah yang berhasil masuk ke babak final Cerdas Cermat diantaranya SMA IT Cendekia, SMAN 1 Lape, SMAN 3 Sumbawa, MAN 2 Sumbawa, SMAN 1 Alas Barat (Tim 1), SMAN 3 Sumbawa, SMAN 1 Alas, SMAN 1 Plampang, dan SMAN Alas Barat (Tim 2). Setelah melewati persaingan yang cukup sengit, akhirnya keluar sebagai Juara 1 SMAN 1 Alas Barat, Juara 2 SMAN 1 Lape, Juara 3 SMAN 3 Sumbawa, Harapan 1 SMA IT Cendekia, Harapan 2 SMAN 1 Alas dan Harapan 3 SMAN 1 Alas Barat. Dimana para pemenang mendapatkan hadiah Beasiswa UTS senilai puluhan juta rupiah.

Rapat Kerja Tahunan UTS 2024, “Kita Siap Wujudkan Lebih Banyak Mimpi” 

Universitas Teknologi Sumbawa telah menggelar Rapat Kerja Tahunan 2024 pada...

Read MoreMaret 25, 2024

FITH UTS Teken MoU Dengan Lombok Wildlife Park, Siap Dukung Kesejahteraan Satwa Luar Habitat Asli

Pada 15 Maret 2024, UTS melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi...

Read MoreMaret 25, 2024

Membanggakan! UTS Kembali Sukses Gelar Penanaman 4000 Mangrove Batch 2

Pada hari Minggu tanggal 3 Maret 2024, Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreMaret 25, 2024

Kolaborasi Youthtopia dan UTS dalam Program Island to Island Indonesia Roadshow 2024

Youthtopia sebagai sebuah community centric platform dengan edukasi sebagai inti...

Read MoreMaret 25, 2024