PT SMM Gandeng UTS Siap Dukung Pengembangan Usaha Social Enterprise di NTB

Perguruan Tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, yang juga bagian daripada masyarakat diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan, dimana Pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang telah tergambar dalam tri darma perguruan tinggi. UTS sadar betul tentang betapa pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang merupakan penggerak utama dari perubahan itu sendiri. Seperti halnya terus berjejaring dengan berbagai pihak, melalui berbagai medium agar dapat memberi dampak ditengah masyarakat.

Kali ini UTS bersama PT. Solusi Masyarakat Mandiri (SMM) bergandengan untuk dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. PT SMM sendiri adalah perusahaan Penanaman Modal Asing yang didirikan pada tahun 2021. PT SMM bergerak dibidang usaha aquaculture saat ini seluas 11 hektar berlokasi di desa Stowe Brang, Kecamatan Utan. Dimana kegiatan usahanya menerapkan pendekatan model ‘Social Enterprise’ untuk menciptakan dampak ganda yakni menghasilkan profit dan melakukan intervensi sosial. Sumbawa merupakan lokasi pertama investasi jangka panjang ini dilaksanakan.

Sebelumnya, pada tahap awal ini PT SMM memilih UTS sebagai mitra kerja guna melakukan riset/penelitian dalam rangka mengidentifikasi/memetakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar yang terkemas dalam “Research For Aquaculture Venture Socio-Economic Programing Assessment”. Tujuan riset ini secara umum :

  1. Memetakan/identifikasi resiko sosial ekonomi dan lingkungan yg dihadapi oleh desa-desa di lingkar perusahaan.
  2. Memetakan manfaat langsung yang diterima masyarakat sekitar atas keberadaan perusahaan.
  3. Mengidentifikasi prioritas program/kegiatan yg dapat dilakasanakan perusahaan guna mendukung perubahan sistemik terhadap pendapatan dan kesejateraan masyarakat sekitar perusahaan.

Menindaklanjuti hal tersebut Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menunjuk Tim Peneliti dari Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UTS berjumlah 3 orang yaitu, Rudi Masniadi, ME (Ketua), Fitria Permata Cita, ME, dan Rozzy Aprirachman, MDP. Penelitian direncanakan berlansung selama satu bulan terhitung sejak 24 Mei sampai dengan 24 Juni 2022. Sehingga pada 24 Mei 2022 lalu PT SMM telah melaksanakan penandatanganan MoU dengan UTS terkait hal tersebut.

Jumat, 10/06/2022 Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D yang didampingi oleh Direktur Kerjasama Dalam Negeri UTS Muhammad Iqbal, S.Sos., M.M.Inov dalam agenda kunjungan kerjanya bersama para petinggi PT. SMM yakni Michael Novell (Share Holder), Yar Rachman selako (Ceo/Director) dan Krishna Putra (Commissioner) bertemu langsung dengan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, M.Sc di Pendopo Kegubernuran Mataram guna diskusi dan pengenalan terkait program yang akan dilaksanakan oleh PT. SMM kedepannya di NTB khususnya di Sumbawa.

Chairul Hudaya menyampaikan harapan agar model usaha berbasis Social Enterprise ini akan menjadi model yg dapat memberi inspirasi kepada pelaku usaha, pengelola tambak dan pihak-pihak terkait lainnya dalam menerapkan usaha mereka meraih keuntungan serta menciptakan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi usaha.

Dalam diskusi bersama Gubernur NTB PT SMM juga menjelaskan bahwa kegiatan usaha saat ini masih dalam tahap renovasi ulang tambak untuk penerapan teknologi budi daya udang intensif. Untuk menunjang komitmen perusahaan dalam melaksanakan intervensi sosial, PT. SMM dalam waktu yg bersamaan juga telah mempersiapkan pelaksanaan socio-economic assessment di 9 desa berdekatan dengan lokasi usaha. Selain menciptakan keuntungan yang bisa menjadi sumberdana berkesinambungan untuk mendukung pengembangan usaha/reinvestasi, juga serta pelaksanaan kegiatan program pengembangan masyarakat di NTB, khususnya di desa-desa dimana kegiatan usaha dilaksanakan.”

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin