BEM FEB UTS Adakan kegiatan  “Training Manajemen Organisasi”

Sumbawa, UTS – Manajemen Organisasi merupakan bagian penting dari kompetensi seseorang untuk dapat berhasil dalam mengelolah organisasi. Peningkatan manajemen organisasi pada mahasiswa melalui pembinaan pada kegiatan akademis maupun non akademis perlu dilakukan secara optimal diperguruan tinggi, namun kenyataannya proses pembinaan dalam aspek ini berjalan kurang seimbang.

Oleh karena itu mahasiswa perlu dibekali dengan pelatihan manajemen oranisasi yang dimana manajemen organisasi pada prinsipnya dibagi menjadi dua jenis yang pertama kualitas personal yang terdiri dari kemampuan bertanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, self manajemen, dan kejujuran. Kedua adalah interpersonal skill yang terdiri dari lidership, kemampuan bernegosiasi, mampu bekerja sama dalam tim, mau berbagi ilmu dengan orang lain, serta dapat melayani klien/pelanggan.

Menyikapi hal tersebut Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa   (BEM FEB UTS) Mengadakan kegiatan “Training  Manajemen Organisasi” di Gedung  Belakang Orange 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa (GBO 1 FEB UTS), Sabtu

(26/11).

Kegiatan ini merupakan wadah untuk pembekalan mahasiswa baru prodi Ilmu Aktuaria yang akan membentuk himpunan jurusan Ilmu Aktuaria yang dihadiri oleh 27 orang yang merupakan seluruh mahasiswa baru Prodi Ilmu Aktuaria dengan mengambil tema kegiatan “Organisasi Oke,Prestasi Kece”

Kegiatan diawali dengan sambutan dari salah satu dosen Prodi Ilmu Aktuaria Lukmanul Hakim yang dalam sambutannya menyampaikan hal tentang pentingnya berorganisasi.

“ Kemendikbud menetapkan bahwa mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahan dengan maksimum 144 SKS sengan 1 SKS selama 170 menit dibangku kuliah, kita belajar 1 SKS hanya 50 menit maka 120 menit lagi harus dilakukan diluar bangku kuliah baik itu diisi dengan mengikuti seminar menjadi panitia maupun dengan berorganisasi. Organisasi ini sangat penting sebab setiap ada penawaran kerja syarat yang paling atas pasti dapat bekerjasama dengan tim, untuk mendapatkan itu tentu salah satu caranya melalui berorganisasi, IPK tetap menjadi persyaratan akan tetapi itu berada dipaling bawah.” Ujarnya.  

Selanjutnya kegiatan  diisi oleh 2 pembicara yaitu Fairuszy yang menyampaikan materi tentang “peran organisasi himpunan untuk berpartisipasi” dan Sandy Lismuadi selaku ketua BEM FEB 2021 dengan materi mengenai “Manajemen Organisasi dan Punyusunan Program Kerja” yang diikuti sangat antusian oleh para peserta.

M.Sholeh Hariyadi Dalimunthe selaku ketua BEM FEB UTS yang mendapat kesempatan menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Melihat semangat mahasiswa Aktuaria yang ingin membentuk himpunan serta Mengingat pentingnya peran himpunan pada setiap program studi maka kami selaku BEM FEB UTS siap untuk mewadahi dan memberikan pendampingan kepada mereka salah satu nya dengan memberikan kegiatan training manajemen organisasi khusus mahasiswa Aktuaria.” Ujar sholeh.

Seperti yang diketahui bahwa prodi Ilmu Aktuaria merupakan prodi yang baru saja berdiri di FEB UTS sehingga belum memiliki baik itu lulusan maupun himpunan mahasiswa jurusan dan sebagainnya. Lanjut sholeh menyampaikan harapannya kepada mahasiswa baru Prodi Ilmu Akturia.

“Kegiatan training manajemen organisasi sangat penting pelaksanaan  mengingat program studi ilmu Aktuaria merupakan prodi baru di fakultas ekonomi dan bisnis universitas teknologi Sumbawa

mahasiswa angkatan 2022 ilmu Aktuaria merupakan mahasiswa angkatan pertama pada prodi ini

Nama nya angkatan pertama pasti belum memiliki himpunan mahasiswa jurusan sehingga dengan kegiatan training manajemen organisasi ini dapat memberikan pembekalan bagi mahasiswa baru ilmu Aktuaria untuk memahami apa tugas  himpunan mahasiswa jurusan dan ke mana arah tujuan organisasi himpunan Aktuaria nantinya. Harapan saya dengan terbentuknya himpunan Aktuaria nantinya dapat meningkatkan prestasi mahasiswa Aktuaria maka itulah alasan kami mengapa mengangkat tema pada kegiatan Training manajemen organisasi ” prestasi oke organisasi kece” ujar sholeh selaku Ketua BEM FEB UTS.

Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi mahasiswa baru Prodi Ilmu Aktuaria untuk dapat berorganisasi dan meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024