Bentuk UTS SDGs Center Rektor ‘UTS Siap Bersinergi Wujudkan SDGs Indonesia Timur’

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D telah mengadakan kick-off meeting pembentukan Pusat Studi Sustainable Development Goals (SDGs) Universitas Teknologi Sumbawa yang diberi nama UTS SDGs Center dalam pembahasan pada 25/11/2022. Pusat studi SDGs UTS menjadi pusat studi ke 35 yang sebelumnya ada di Universitas Hasanuddin atau pusat studi ke 2 di Indonesia Bagian Timur. UTS ingin turut menjadi jembatan  penghubung dan bersinergi dengan pemerintah daerah, NGO, dan lembaga terkait dalam hal mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

 “Kita akan louncing UTS SDGs Center bulan Januari 2023 mendatang, bersamaan dengan Expo hasil dari Program Merdeka Batch 5 dengan menghadirkan Bappenas.” Tutur Rektor dalam kick-off meeting di ruang kerjanya bersama tim UTS SGDs Center.

Lebih lanjut Chairul Hudaya menjelaskan bahwa UTS SDGs Center merupakan kelompok keilmuan dan kepakaran yang mempunyai minat terhadap 17 tema dalam ruang lingkup SDGs, dimana terbentuknya UTS SDG Center ini sebagai aksi merespon pertemuan dengan praktisi Bappenas saat kami mengikuti side-event KTT G20 di Bali lalu. “Kedepannya UTS SDGs Center akan melakukan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat multidisiplin dalam bidang yang relevan dengan 17 tema dalam SDGs, melakukan pengendalian mutu kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang yang termasuk dalam ruang lingkup 17 tema SDGs serta melakukan kordinasi dengan berbagai pihak terkait,” imbuhnya.

Nantinya UTS SDG Center akan berada dibawah Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi UTS yang dikomandoi oleh Dwi Ariyanti, Ph.D, dimana Rektor telah menunjuk Ery Sofiatry, S.S., M.Sc, sebagai Ketua (Tujuan 16 &17 SDGs: Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) UTS SDGs Center dengan beranggotakan Yuni Yolanda, S.Pi., M.Si yang berfokus pada Tujuan 13 & 14 SDGs: Ekosistem Lautan dan Ekosistem Daratan, Juniardi Akhir Putra, ST.,S.ST.M.Kom berfokus pada Tujuan 6, 7, & 13 SDGs: Air Bersih dan Sanitasi Layak; Energi Bersih dan Terjangkau;

Penanganan Perubahan Iklim. Lalu ada Galih El Fikri, S.Si.,M.Ling berfokus pada Tujuan 8 & 12 SDGs: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan; Ekonomi; Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan, Ariskanopitasari, ST., M.App.Sc berfokus pada Tujuan 3 & 5 SDGs: Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Kesetaraan Gender, Rozzy Aprirachman,S.E., M.D.P berfokus pada Tujuan 1 & 10 SDGs: Tanpa Kemiskinan; Berkurangnya Kesenjangan, Lukmanul Hakim, M. Pd berfokus pada Tujuan 11 & 9 SDGs:Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan Industri; Inovasi dan Infrastruktur, serta Dr. Umar, S.Pd.,M.Pd yang akan berfokus pada Tujuan 2 & 4 SDGs: Tanpa Kelaparan; Pendidikan Berkualitas. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024