Dosen Informatika Sambangi SLB Negeri 1 Sumbawa Berikan Edukasi Bencana Alam

Prodi Informatika Fakultas Rekayasa Sistem UTS, Relawan TIK Kabupaten Sumbawa bersama BPBD Kabupaten Sumbawa, dan Forum Anak Sumbawa menyabangi Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sumbawa pada Rabu (18/01/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka melanjutkan program RTIK Jango Sekolah dengan tema Edukasi Pengurangan Resiko Bencana, Perubahan Iklim dan Pengenalan dan Pemanfaatan Aplikasi Bumi Kita.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SLBN 1, yaitu Sri Wahyuningsih, M. Pd. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya edukasi tentang resiko bencana ke adik pelajar. “Kita perlu melakukan edukasi tentang resiko bencana ke adik-adik pelajar, harapannya program sosialisasi ini tidak hanya berhenti, tetapi ada kegiatan-kegiatan selanjutnya terutama yang bersifat praktik atau simulasi misalnya seperti kegiatan menanam pohon sebagai bentuk melindungi bumi atau simulasi jika terjadi bencana.” jelasnya

Selanjutnya Made Widiarta sebagai Ketua Relawan TIK dan juga Dosen di Prodi Informatika dalam sambutannya menyampaikan harapan dengan adanya kegiatan edukasi dapat memberikan pemahaman kepada adik-adik pelajar tentang resiko bencana. “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh SLBN 1 Sumbawa, semoga kegitan ini dapat memberikan manfaat bagi adik-adik pelajar di SLBN 1 Sumbawa dan adik-adik pelajar dapat mengetahui resiko adanya bencana. Tidak lupa juga terima kasih diucapkan kepada pihak sponsor yang telah mendukung acara ini yaitu dari Organisasi Save the Children dan Bumi Kita serta institusi-institusi yang ikut mendukung terselenggaranya kegiatan ini, antara lain dari BPBD Kabupaten Sumbawa, Fakultas Rekayasa Sistem UTS, dan Forum Anak Sumbawa” Pungkasnya.

Narasumber-narasumber yang ikut menyampaikan materi pada sosialisasi kali ini adalah Made Widiarta dengan judul Pengurangan Resiko Bencana, dilanjutkan oleh Rizqi Helfiansah selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Sumbawa yang menyampaikan materi tentang Jenis-jenis Bencana di Indonesia. Narasumber berikutnya adalah DR. Rusdianto AR, M.Pd yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penanggulangan Bencana BPBD Sumbawa dengan materinya mengenai Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Gempa Bumi dan Tsunami.

Narasumber terakhir pada pertemuan kali ini adalah Yuliadi, M. Kom yang merupakan Dosen dari Prodi Informatika Fakultas Rekyasa Sistem UTS yang menyampaikan materi dengan judul Tangkal Hoax dengan Cakap, Cerdas, Kreatif dan Produk dalam bermedia sosial. “Bagaimana masyarakat khusus bagi yg berkebutuhan khusus untul menangkal berita hoax terkait bencana, dimana hoax itu berawal menyebar, dan cara medeteksi berita hoax. Dengan peran pemerintah dalam memerangi hoax dengan revolusi mental. Revolusi mental berupa cara masyarakat dalam menggunakan internet untuk memerangi berita hoax. Revolusi mental menggunakan internet adalah pertama Cerdas dalam artian memanfaatkan internet secara baik dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya dan norma yg berlaku, kedua kreatif, menciptakan karya baru yg berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah, dan produktif memberikan keuntungan yang maksimal bagi pengguna internet tersebut.” Pungkas Yuliadi

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024