Mengemas kelas Sosiologi Komunikasi dengan Pameran

Sumbawa – Mahasiswa semester 3 (tiga) program studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa ( Ilkom UTS) menggelar pameran Sosiologi Komunikasi. Pameran tersebut diselenggarakan di Gedung FISIP pada selasa 17 Januari 2023 kemarin.

Pameran yang menampilkan berbagai materi perkuliahan yang dikemas dengan infografis tersebut di desain sendiri oleh mahasiswa. Berisikan materi perkuliahan seperti sejarah perkembangan sosiologi komunikasi, aliran paradigma lahirnya Sosiologi Komunikasi: paradigma struktural fungsional, paradigma konflik-kritis, peran media, perubahan budaya massa dan populer, perkembangan komputerisasi dan perkembangan society 1.0-5.0, Revolusi industri 4.0 dan society 5.0, Adopsi-inovasi dan sikap terhadap media, serta materi mengenai Cyber Community. Pameran ini sekaligus menjadi tugas dari Ujian Akhir Semester (UAS).

Dosen Pengampu mata kuliah tersebut, Fahrunnisa membimbing secara langsung teknis pelaksanaan pameran. Nisa menyatakan bahwa dengan metode belajar seperti ini mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang di pelajari. “Ini salah satu usaha memberikan suasana pembelajaran yang tidak monoton. Selain untuk memahami sosiologi komunikasi melalui praktik atau tema-tema yang mereka angkat, mahasiswa diharuskan untuk kreatif mendesain materi tersebut sedemikian rupa sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak hanya untuk diri mereka sendiri, namun juga untuk orang lain. Dari sini mereka belajar riset data, riset audiens serta mempublikasikan ide mereka dalam bentuk visual.”

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa dari dua kelas Sosiologi komunikasi tersebut, berlangsung lancar dan menyenangkan. Mahasiswa mengaku antusias dengan kegiatan belajar mengajar yang dikemas dengan kreatifitas.  

Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik menyambut baik kegiatan tersebut. Kreatifitas dosen untuk mengemas kelas menjadi menarik adalah satu hal yang harus diapresiasi. Menjadi harapan bersama, semoga kedepannya Dosen mampu mendorong mahasiswa untuk menghidupkan kreatifitas melalui metode belajar yang tepat.

Rapat Kerja Tahunan UTS 2024, “Kita Siap Wujudkan Lebih Banyak Mimpi” 

Universitas Teknologi Sumbawa telah menggelar Rapat Kerja Tahunan 2024 pada...

Read MoreMaret 25, 2024

FITH UTS Teken MoU Dengan Lombok Wildlife Park, Siap Dukung Kesejahteraan Satwa Luar Habitat Asli

Pada 15 Maret 2024, UTS melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi...

Read MoreMaret 25, 2024

Membanggakan! UTS Kembali Sukses Gelar Penanaman 4000 Mangrove Batch 2

Pada hari Minggu tanggal 3 Maret 2024, Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreMaret 25, 2024

Kolaborasi Youthtopia dan UTS dalam Program Island to Island Indonesia Roadshow 2024

Youthtopia sebagai sebuah community centric platform dengan edukasi sebagai inti...

Read MoreMaret 25, 2024