Dari Project Mata Kuliah, Mahasiswa Gagas Potensi Branding Wisata Desa

Sumbawa 4/2/23 – Wilika Competition adalah kegiatan yang digagas oleh Wilika Project yang merupakan tim besutan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa. Tim Wilika menggagas event untuk memperkenalkan Wisata Lima Langkah milik Desa Serading. Acara ini merupakan luaran dari Mata Kuliah Manajamen Event Prodi Ilmu Komunikasi yang diharapkan mampu membantu masyarakat dalam menciptakan branding dan mempromosikan potensi wisata lokal milik daerah.

Mengusung tema trend permainan anak masa kini, Wilika Competition berhasil menyelanggarakan acara dengan baik. Meski event yang diselenggarakan masih dalam taraf lokal, namun adanya event ini disambut antusias oleh pemerintah desa dan pengurus Wisata Lima Langka. Riski Dwi selaku ketua tim event ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut ditujukan kepada anak-anak. Bukan tanpa alasan, pemilihan target market tersebut untuk menciptakan rasa kepemilikan terhadap potensi alam milik mereka, serta memperkenalkan wisata alam lokal sejak dini. Event yang diharapkan mampu menyampaikan pesan positif seperti menjaga kebersihan, kelestarian hutan serta keberlangsungan hidup pohon. Riski Dwi juga menambahkan target yang mereka sasar adalah anal-anak di rentang usia 10-17 tahun. “Karena ketika kita menargetkan anak anak, maka akan datang sepaket dengan orang tua dan keluarga sehingga tim Wilika memanfaatkan trend lato-lato untuk menarik minat anak anak. Alhamdulillah terbukti puluhan anak anak dan orang tua ikut andil dalam event ini.”

Sri selaku pengurus tempat wisata, menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa Ilmu komunikasi karena telah memperhatikan tempat wisata Wilika Desa Serading ini. “Dengan adanya event mahasiswa ini mampu membangkitkan semangat anak muda setempat untuk meningktkan minat dan berkontribusi mengelolah potensi desa dan beliau berharap pemerintah desa, kabupaten dan pihak swasta bisa lebih memperhatikan pengembangan Wisata Lima Langkah Desa Serading”.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa, Ofi Hidayat, M.I.Kom. Dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan tersebut. Ofi menekankan kepada mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dengan keilmuan yang dimiliki. “Perjuangan yang sangat luar biasa dalam membangkitkan wisata lokal. Walaupun ini event sebagai perdana mahasiswa sebagai output Mata Kuliah, dengan melihat Wisata Lima Langkah mempunyai lokasi yang strategis maka diharapkan akan adanya kegiatan yang berkelanjutan di Wilika dalam meningkatkan citra positif agar meningkatkan jumlah pengunjung, karena event ini hanya bersifat stimulus untuk menghasilkan event event besar lainnya yang akan berdampak lebih luas.”

Dalam pelaksanaan event tersebut, Tim WiIlika membangun kolaborasi dengan salah satu sanggar seni kampus Universitas Teknologi Sumbawa. Setelah acara dibuka secara resmi, dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan seperti Lari Balap Karung dan Lomba Balap Kelereng yang diikuti secara antusias oleh anak-anak yang didampingi oleh orang tua dan keluarga masing-masing. Kemudian rangkaian acara terakhir melakukan penyerahan bibit pohon oleh perwakilan dari Tim Wilika Project kepada Pengelola Wisata Lima Langkah.

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024