11 Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS Lulus Sertifikasi BNSP sebagai Pendamping UMKM

Sertifikasi kompetensi merupakan salah satu sarana dalam meningkatkan capacity building dosen dan salah satu ukuran pengakuan bahwa dosen mempunyai keterampilan dan kemampuan yang mumpuni dan sesuai standar kerja yang ditetapkan. Sertifikasi kompetensi yang dimiliki oleh dosen menunjukkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasai. Sertifikasi kompetensi dapat memastikan bahwa pemegang sertifikat terjamin kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Dalam upaya peningkatan kapasitas dosen, sebelas dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS mengikuti pelatihan dan sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Pendamping UMKM. Sebelas dosen tersebut dinyatakan kompeten setelah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Nusantara pada 6 – 10 September 2022. Adapun dosen tersebut yaitu Muhammad Nur Fietroh, M. Sc; Abdul Salam, M. M; Agus Santoso, S. M., M. M. Inov; Rozzy Aprirachman, M.D.P; Aris Sugiarto, M. M. Inov; Sriyatun, M. M. Inov; Irawati, S. Ak., M. M. Inov; Hanifa Sri Mulyani, M. M; Rian Hardiasnyah, S. E dan Fendy Maradita, M. M yang terlebih dulu dinyatakan lulus uji kompetensi BNSP pada tanggal 13 – 16 Juli 2022.

Pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi Pendamping UMKM Berlisensi BNSP dilakukan dengan menggunakan anggaran dari Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berhasil diraih oleh Program Studi Manajemen UTS pada tahun 2022 dengan ketua tim yaitu Nova Adhitya Ananda, M. M yang merupakan dosen Prodi Manajemen sekaligus Direktur Akademik UTS. Selain dana dari hibah PK-KM, anggaran kegiatan ini juga berasal dari dana Hibah Pengembangan SDM yang merupakan program kerja rutin dari FEB UTS untuk meningkatkan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan.

Kompetensi Pendamping UMKM merupakan kompetensi yang bertujuan untuk mendapatkan pengakuan sebagai pendamping kompeten oleh publik, sebagai referensi menjadi pendamping UMKM. Kompetensi ini untuk meningkatkan kualitas para pendamping UMKM, meningkatkan kualitas usaha, dan meningkatkan daya saing koperasi dan usaha mikro kecil. Adapun materi yang diperoleh meliputi analisis model bisnis kanvas, analisis K3, penyusunan identifikasi usaha dan kebutuhan UMKM, penyusunan rencana pendampingan, akses pembiayaan, penerapan manajemen dasar pengelolaan usaha, pembuatan company profil UMKM, analis studi kelayakan bisnis, penerapan alat, Teknik dan metode peningkatan produktivitas dan penyusunan laporan keuangan UMKM.

Dengan pengakuan secara portofolio untuk kesebelas dosen FEB UTS, diharapkan mampu menguatkan kemampuan pengelolaan UMKM dalam aspek keuangan, pemasaran, maupun pengembangan sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan misi UTS yaitu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menjawab persoalan di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Pelatihan dan sertifikasi ini akan terus dilakukan oleh FEB UTS untuk meningkakan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan dalam upaya mewujudkan cita mulia UTS untuk menjadi kampus yang “Membumi dan Mendunia”.

“Selamat kepada 11 Dosen FEB yang telah dinyatakan kompeten melalui sertifikasi BNSP ini, semoga kedepan UMKM kita menjadi lebih baik lagi dan terus maju melalui pendampingan yang sekiranya dilakukan oleh Bapak/Ibu sekalian. Semoga UTS senantiasa dapat memberikan kontribusi ditengah masyarakat.” Tutur Rektor UTS

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024