Dosen UTS Pemenang Best Presenter dalam Indonesian Toray Science Foundation 2023


Dr. Ali Budhi Kusuma, S.Si., M.Sc, ALS salah satu Dosen sekaligus peneliti UTS berhasil menjadi Pemenang Best Presenter pada Seminar Indonesian Toray Science Foundation (ITSF) untuk para penerima 28th ITSF Science and Technology Research Grants-STRG (2021) untuk Session C: Chemistry, Chemical Engineering and Biotechnology. (01/03/2023)

Sebelumnya Dr. Alidi yang juga Ketua Tim Peneliti UTS mengangkat topik riset tentang; Bioprospecting of Thermophilic Actinobacteria isolated from The Caldera of Mt. Tambora Volcano in Sumbawa Island for Novel Antibiotics Discovery. Didukung ITSF Research Grant, Peneliti Mikrobiologi UTS temukan spesies baru aktinobakteri penghasil kandidat antibiotik baru dari Ekosistem Ekstrim Kaldera vulkanik, Gunung Tambora NTB yang pertama kali di Dunia : “Streptomyces tamborensis sp.nov”

“Pada kegiatan penelitian ini, tim peneliti telah melakukan pengambilan sampel tanah dari berbagai area di Kaldera vulkanik, Gunung Tambora, Pulau Sumbawa NTB untuk kepentingan eksplorasi keanekaragaman hayati khususnya mikroba aktinomisetes termofilik. Yaitu jenis bakteri yang dapat tumbuh di daerah yang bersuhu tinggi (45-70 °C). Ekspedisi ini merupakan kegiatan eksplorasi sumber daya hayati mikroba ekstremofilik pionir (yang pertama) di kawasan kaldera vulkanik Gunung Tambora.” Tutur Alidi.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, “dari kegiatan ini berhasil didapatkan 10 koleksi strain aktinomisetes termofilik yang berasal dari kawasan kaldera atau kawah vulkanik Gunung Tambora. Salah satu dari starin yang ditemukan telah diselidiki lebih lanjut melalui studi taksonomi modern dengan whole-genome sequencing dan terbukti merupakan spesies baru bakteri yang pertama kali ditemukan dari kaldera gunung berapi Tambora. Ini merupakan first Record in the world. Bakteri baru ini akan diberinama “Streptomyces tamborensis sp.nov”. Selain itu mengungkap potensi strain-strain tersebut dalam menghasilkan senyawa antibiotik baru asli dari Indonesia.” 

Ke depan, target yang diharapkan dari kegiatan ini dapat menguak keanekaragaman hayati microorganisme termofilik di Pulau Sumbawa untuk pengembangan bio-industri. Ekspedisi pengambilan sampel tanah di kaldera vulkanik Gunung Tambora tersebut dilakukan pada akhir Agustus 2022. Kaldera Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa, tepatnya di wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini merupakan salah satu kaldera vulkanik terbesar di dunia dengan diameter mencapai 7 Km yang terbentuk saat letusan maha-dahsyat yang mengubah iklim dunia di tahun 1815.

Alidi menyebutkan bahwa program yang dikerjakan ini sejalan dengan roadmap penelitian di Bioresource Centre STP dan FITH UTS yang berfokus pada bidang mikrobiologi lingkungan ekstrim Indonesia, untuk berbagai aplikasi di bidang bioteknologi terapan, salah satunya pencarian antibiotic baru ditengah merebaknya kasus resistensi terhadap antibiotic di dunia klinis.

Acara ITSF yang diselenggarakan online tersebut merupakan acara yang didesain oleh ITSF sebagai ajang berdiskusi dan bertukar informasi terkait hasil riset yang telah dilakukan oleh para grantee dengan pendanaan STRG. Dr Ali Budhi Kusuma terpilih sebagai Best Presenter diantara 17 penerima STRG lainnya dari berbagai instansi lainnya se Indonesia.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024